ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 02 Okt 2019 11:27 WIB

Permudah Masyarakat Investasi, Kemenkeu Terbitkan ORI Online

Nurcholis Ma - detikFinance
Foto: CNN Indonesia/Safir Makki Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta -

Guna mempermudah akses masyarakat berinvestasi di Surat Berharga Nasional (SBN) ritel, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu meluncurkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI016. Seri ini merupakan ORI pertama yang diterbitkan secara online melalui sistem e-SBN.

Berdasarkan keterangan yang diterima detikcom, pada bulan Oktober ini, DJPPR juga melakukan penjualan SBN yang ditawarkan kepada individu warga negara Indonesia melalui 23 Mitra Distribusi di Pasar Perdana dengan tingkat kupon tetap, yaitu ORI seri ORI016.

"Proses pemesanan dapat dilakukan melalui empat tahap, yaitu registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. Proses registrasi dapat dilakukan kapan saja, sedangkan tiga proses selanjutnya dapat dilakukan selama periode pemesanan yaitu 2-24 Oktober 2019," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2019)

Dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,8% per tahun sampai dengan jatuh tempo pada 15 Oktober 2022, ORI016 dinilai sangat menguntungkan. Hal tersebut karena dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dan berpotensi memperoleh capital gain dengan pemesanan minimal Rp 1 juta.

Sebagai informasi, ORI016 diluncurkan dengan mengusung tema 'Young & Restless' dan dikemas dalam bincang eksklusif dengan pemateri tiga entrepreneur muda Indonesia pada Rabu (2/10/2019) di The Gods Diner, Jakarta. Ketiga pemateri tersebut adalah Pamitra Wineka, Dinar Amanda, dan Fiona Anthonyserta.

Para pemateri menjelaskan proses yang mereka lakukan dalam membangun dan memperjuangkan bisnis serta menjadi investasi mereka untuk masa depan. Adapun ORI016 resmi diluncurkan langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman.





Simak Video "Kemenkeu Siapkan Dana Pemulihan Bencana Rp 4,84 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com