Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 17:31 WIB

IHSG Jeblok, Direktur BEI: Dunia Masih Gonjang-ganjing

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali melanjutkan tren negatifnya. Hari ini IHSG tercatat anjlok 60 poin atau 1% ke posisi 6.000.

Menanggapi hal itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia, Laksono Widito Widodo menilai, pasar modal Indonesia masih rentan dari gejolak perekonomian global.

"Dunia masih gonjang-ganjing," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Salah satu penyebabnya, menurut Laksono adalah mulai bergairahnya pasar modal di Eropa. Hal itu membuat investor asing menarik diri dari Indonesia dan masuk ke Eropa.

"Mungkin market Eropa mulai buka, order mulai masuk. Di situ kelihatan ada outflow besar," tambahnya.



Namun hari ini justru investor asing melakukan aksi beli. Tercatat sepanjang perdagangan ada net buy sebesar Rp 144,84 miliar di seluruh pasar. Memang jika ditarik secara sebulan tercatat net sell sebesar Rp 5,78 triliun.

Laksono menilai, pengumuman cadangan devisa (cadev) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) hari ini tidak memberikan dampak negatif terhadap pasar.

BI sendiri hari ini merilis posisi cadangan devisa (cadev) per akhir September 2019. Posisi cadev sebesar US$ 124,3 miliar atau turun dibandingkan posisi Agustus 2019 sebesar US$ 126,4 miliar.



Simak Video "Dolar Tembus Rp 14.200 "
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com