Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Okt 2019 17:06 WIB

Rupiah Perkasa Jelang Pengumuman Menteri Baru Jokowi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hari ini cenderung melemah. Masih dengan penantian pengumuman nama-nama menteri baru Presiden Joko Widodo (Jokowi), sore ini dolar AS dihargai Rp 14.063.

Mengutip data perdagangan Reuters, Senin (21/10/2019), dolar AS hingga sore ini bergerak di level Rp 14.082-14.139. Dibandingkan pagi tadi, dolar AS sore ini tercatat melemah 43 poin.

Adapun dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya, rupiah tercatat menguat 0,47% hari ini. Penguatan rupiah berbanding lurus dengan positifnya perdagangan saham hari ini meski hanya berhasil naik tipis.

Sementara investor asing hari ini justru melakukan aksi jual di pasar modal. Mengutip RTI, tercatat net sell di seluruh pasar mencapai Rp 58,09 miliar. Itu terjadi di pasar reguler Rp 45,95 miliar, serta pasar negosiasi dan tunai sebesar Rp 12,14 miliar.


Dari data RTI, dolar AS hari ini tercatat melemah 67 poin (0,47%) ke level Rp 14.078. Pergerakan dolar AS hari ini cenderung terus turun.

Rupiah sendiri menjadi mata uang yang paling kuat menekan dolar AS hari ini bersama dengan won Korsel dan rupee. Adapun dolar AS hanya berhasil unggul terhadap yen Jepang, franc Swiss, dan euro.

Sementara rupiah berhasil unggul paling kuat terhadap yen Jepang, franc Swiss, dan baht Thailand. Rupiah hari ini berhasil hijau terhadap hampir seluruh mata uang negara utama dunia.



Simak Video "Mantap! Rupiah 'Merangkak' Menguat Rp 13.990/Dolar AS"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com