Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Nov 2019 12:15 WIB

Mau Investasi Emas? Tahan Setahun Biar Untung

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Emas merupakan salah satu instrumen yang cocok untuk pemula berinvestasi. Apalagi saat ini harganya sedang turun naik akibat kondisi global.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas biasanya dibutuhkan waktu tak sebentar.

Misalnya, investasi dilakukan minimum dalam jangka waktu satu tahun.

"Jadi kalau ada harga turun, bisa dibeli tapi ditahan 1 tahun itu minimum agar bisa dapat untung. Karena ke depan harga akan terus naik," kata Andy saat dihubungi detikcom, Jumat (22/11/2019).

Dia mengungkapkan investasi emas sama halnya dengan berinvestasi di reksa dana yang membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan keuntungan.



Andy menjelaskan, untuk memiliki investasi emas saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling mudah dan murah bisa langsung mendatangi butik emas milik Antam.

Atau jika berada di luar kota, bisa memeriksa harga dengan membuka website resmi dan melakukan perbandingan harga.

"Biasanya mereka juga menyediakan pembelian secara online, biaya kirim bisa disesuaikan lah," jelas dia.

Kemudian alternatif lain adalah membeli emas lelang yang ada di Pegadaian. Biasanya setiap satu bulan sekali Pegadaian melakukan lelang emas-emas gadai yang tidak ditebus. Jika beruntung, maka bisa mendapatkan emas dengan harga yang miring.

Selain membeli langsung, investasi emas melalui platform digital juga menjadi salah satu alternatif. Pembelian emas bisa dilakukan dengan murah dan mudah mulai dari Rp 100.



Simak Video "Imbas Perang Dagang AS-China, Harga Emas Antam Melambung Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com