Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Des 2019 10:51 WIB

Berapa Harga 2 Tol Waskita yang Dijual ke Investor Hong Kong?

Soraya Novika - detikFinance
Berapa Harga 2 Tol Waskita yang Dijual ke Investor Hong Kong?
Jakarta - Investor asal Hong Kong, King Key Limited (KKL) menggelontorkan dana Rp 2,5 triliun untuk membeli dua ruas tol PT Waskita Toll Road (WTR). Dua ruas tol yang dibeli adalah ruas tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono-Kediri.

Investasi itu diserahkan dengan penandatanganan Akta Jual Beli/ Sales Purchase Agreement (SPA) antara keduanya pada hari ini 18 Desember 2019 di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Total transaksi itu mencapai Rp2,5 triliun," ujar Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Total investasi yang diberikan ialah berbentuk divestasi kepada masing-masing 40% saham di ruas tol Solo-Ngawi dan 40% saham di ruas tol Ngawi-Kertosono-Kediri.


Lebih lanjut, Herwidiakto menjelaskan bahwa perjanjian jual beli yang diteken tersebut berlaku dalam bentuk konsesi semata, artinya kedua ruas tol tidak dilepas sepenuhnya kepada investor asing.

"Bukan pemerintah menjual seluruh sahamnya ke asing, ini cuma perjanjian dalam bentuk konsensi yang pada akhirnya kedua tol itu akan kembali menjadi milik negara," sambungnya.

Sebagai informasi, ruas tol Solo-Ngawi memiliki panjang sekitar 90,43 kilometer (km), dengan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) sebagai pemegang konsesi pengelolaannya.

Sedangkan, ruas tol Ngawi-Kertosono memiliki panjang kurang lebih 87 km, dengan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK) sebagai pemegang konsesi pengeloaannya.



Simak Video "Blak-blakan Bos Waskita: Konstruksi Tol Japek Elevated Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com