Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 08:04 WIB

Jokowi Minta Pasar Modal Bersih dari Goreng Saham, Apa Sih Itu?

Soraya Novika - detikFinance
Ilustrasi Foto: Dok. Mandiri Sekuritas
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk membersihkan pasar modal dari transaksi tidak sehat atau yang biasa disebut transaksi goreng saham.

"Kepercayaan yang begitu besar dari berbagai pihak harus kita jaga karena dalam kesempatan ini saya berpesan dan mendukung agar otoritas bursa, OJK, BEI segera membersihkan bursa dari praktik-praktik jual beli saham yang tidak benar. Jangan kalah dengan yang jahat-jahat. Hati-hati, harus bersih, berintegrasi, berani," ujar Jokowi di gedung BEI, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Meski tak secara eksplisit menyinggung perusahaan pelat merah apa saja yang tersangkut kasus goreng saham ini, namun Jokowi menyebut dirinya tau praktik kerap terjadi di pasar modal RI setelah mendapat informasi terkait adanya manipulator yang menggoreng harga saham sehingga harga tak sesuai dengan kondisi riil.

"Ya saya berbicara pasti karena saya mendengar informasi. Dan saya sudah sampaikan juga ke Pak Ketua OJK, Dirut BEI. Kami memiliki semangat yang sama untuk bangun kepercayaan dan trust bagi BEI," katanya.

Padahal kinerja pasar modal Indonesia sepanjang 2019 terbilang cukup menggembirakan. Di mana ada 55 perusahaan yang mencatatkan perdana. Angka ini merupakan tertinggi di ASEAN dan ke-7 di dunia.

Di tambah, penggalangan dana yang berasal dari pasar modal pun mencapai Rp 877 triliun. Angka tersebut menjadi yang tertinggi pencapaiannya. Bahkan jumlah investor pun mengalami peningkatan.

"Ini sangat penting karena bursa yang bersih dan berintegritas akan membawa kita ke depan lebih baik dan lebih maju. Mungkin awal-awal ada goncangan dikit-dikit. Tapi jangka menengah dan jangka panjang pasti akan lebih baik," jelasnya.

Lantas sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan istilah goreng saham itu sendiri?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com