Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Jan 2020 18:28 WIB

BTN hingga Garuda Mau Cari Utang Rp 27 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo/Foto: Agung Pambudhy Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut ada tiga perusahaan pelat merah yang akan menerbitkan surat utang global. Surat utang diterbitkan dalam denominasi dolar Amerika Serikat (AS).

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan nilai yang akan diterbitkan sekitar US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 27,6 triliun (kurs Rp 13.800).

"Global bond kan lagi bagus ya, kemarin yield-nya juga lagi menurun," kata Kartika di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).


Ketiga BUMN tersebut, antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), PT Pertamina (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

BTN akan menerbitkan surat utang berupa junior debt. "Kita lihat market-nya lagi, total ekspektasinya US$ 2 miliar," imbuh dia.

Sebelumnya BTN menargetkan penghimpunan dana melalui penerbitan surat utang global. Hal ini untuk mengantisipasi imbas dari penerapan pedoman standar akuntansi keuangan (PSAK) 71 yang berlaku pada 2020. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com