Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Jan 2020 14:24 WIB

Geger Virus Corona, Rp 980 M Keluar dari Pasar Modal RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: infografis detikHealth
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp 3,8 triliun pekan ini. Namun, aliran modal keluar terjadi pasar saham sebesar Rp 980 miliar.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, aliran modal keluar dari pasar saham dipicu oleh ketidakpastian global hingga wabah virus corona. Hal itu terlihat dari turunnya harga saham.

"Kalau week to date sampai dengan 23 Januari seperti tadi memang SBN-nya masuk 3,8 triliun sementara sahamnya memang ada outflow Rp 0,98 triliun (Rp 980 miliar)," kata dia di Gedung BI Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020)

"Ini juga berkaitan dengan kenaikan ketika ketidakpastian global akhir-akhir ini yang berkaitan dengan risiko geopolitik maupun risiko yang terjadi kenaikan ketidakpastian di pasar karena berita-berita mengenai corona virus dan segala macam," tambahnya.

Namun, Perry mengatakan, secara tahun berjalan atau year to date aliran modal masih positif Rp 25,79 triliun. Hal itu menunjukkan kepercayaan investor dan pelaku ekonomi lainnya pada Indonesia.

"BI masih melihat bahwa ouflow ini yang year to datenya Rp 25,79 triliun ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat, pelaku pasar eksportir, importir juga terutama investor termasuk yang luar negeri atas confident terhadap ekonomi Indonesia yang membaik. Dan itu membawa inflow investasi profolio ini," jelasnya.

Geger Virus Corona, Rp 980 M Keluar dari Pasar Modal RI



Simak Video " Berikut Negara-negara yang Lockdown Gegara Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com