Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Jan 2020 15:38 WIB

Giliran EMCO Gagal Bayar Dana Investor

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di zona merah. IHSG cenderung bergerak di teritori negatif sepanjang perdagangan hari ini. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Manajer investasi PT Emco Asset Management dikabarkan tak bisa melayani pencairan dana (redemption) investor untuk sementara waktu.

Berdasarkan surat yang tersebar di awak media, Emco mengucapkan terima kasih pada nasabah yang telah investasi pada produk Reksa Dana EMCO Mantap, Reksa Dana EMCO Growth Fund, Reksa Dana Syariah EMCO Saham Barokah Syariah dan Reksa Dana EMCO Pesona.

Namun, dalam surat yang diteken Direktur Utama Emco Asset Management Eddy Kurniawan dijelaskan, karena kondisi pasar saham yang menurun berpengaruh maka berpengaruh pada produk reksa dana yang dikelola.

"Pada kesempatan ini kami selaku Manajer Investasi, bermaksud menyampaikan bahwa kondisi pasar saham Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan harga-harga saham. Atas hal tersebut berdampak pada portofolio dari reksa dana yang kami kelola mengalami penurunan Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada Reksa Dana Saham," bunyi surat tersebut dikutip detikcom, Selasa (27/1/2020).

Dengan kondisi itu, pihaknya menyatakan tetap berkewajiban menjaga kepercayaan investor. Namun, pihaknya juga meminta pengertian dan dukungan agar kinerja bisa maksimal.

"Dukungan tersebut dapat berupa tidak melakukan transaksi penarikan dana (redemption) untuk sementara waktu sampai dengan NAB membaik. Hal tersebut dapat membantu kami dalam proses pemulihan kinerja portofolio Reksa Dana Saham," lanjutnya.

Pihaknya optimistis NAB akan membaik. Kemudian pihaknya juga meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.



Simak Video "Ada Eks Orang Istana Jadi Direksi Jiwasraya, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com