Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Feb 2020 12:47 WIB

Corona Nggak Kira-kira, Bursa Asia Juga Dibikin Babak Belur

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Bunga The Fed Bakal Naik: Dolar AS Menguat, Bursa Asia Berguguran Foto: Reuters
Jakarta -

Ketakutan akan penyebaran Virus Corona memberi sentimen serius pada bursa saham di Asia. Bursa saham Jepang, Nikkei 225, bursa saham China, SSEC, dan bursa saham Singapura, Street Time Index kompak menunjukkan pergerakan negatif hari ini.

Indeks Nikkei 225 siang ini tercatat turun 238 poin (1,02%) ke 22.962. Sementara Indeks Shanghai melemah 233 poin (7,93%) ke 2.742, dan Indeks Strait Times turun 31 poin (1,03%) ke 3.123.

Praktis, hanya bursa saham Hong Kong yang berhasil hijau hari ini. Bursa Hang Seng siang ini tercatat menguat 71 poin (0,27%) ke level 26.383.

Bursa saham China yang baru kembali dibuka hari ini bahkan sempat anjlok hingga 9% di awal pembukaan. Saham-saham ritel terkena koreksi paling dalam, disusul oleh saham-saham manufaktur, konsumer, dan bahan dasar.

Sementara saham alat kesehatan malah melonjak, diuntungkan oleh situasi sekarang ini. Pemerintah China sebelumnya sudah menyatakan akan menyuntik bantuan untuk perusahaan di pasar modal.

Bursa saham Indonesia juga ikut kena imbasnya. IHSG meninggalkan level 6.000 sejak pekan lalu dan siang ini diparkir negatif ke 5.909.

Bursa saham AS juga melemah secara tajam pada penutupan perdagangan Jumat lalu. Pelemahan tersebut disebabkan oleh ketakutan akan penyebaran Virus Corona, di mana AS telah mengumumkan kondisi gawat darurat.

Corona Nggak Kira-kira, Bursa Asia Juga Dibikin Babak Belur


Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com