Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Feb 2020 11:46 WIB

Kena Kasus Pembelian Pesawat Airbus, Saham AirAsia Rontok

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
AirAsia ikut meramaikan ajang International Paris Air Show 2019 di La Bourget, Paris, Prancis. Maskapai asal Malaysia ini pun memboyong para bidadarinya. AirAsia di Paris Airshow 2019. Foto: Angga Aliya ZR Firdaus
FOKUS BERITA Kasus Suap AirAsia
Jakarta -

AirAsia baru saja ditinggal Tony Fernandes. Pria asal Malaysia ini melepas jabatan direktur eksekutif di maskapai Negeri Jiran itu.

Pengunduran diri ini terkait pemeriksaan otoritas Inggris terhadap kasus jual-beli pesawat Airbus.

Dalam pernyataan tertulis perusahaan ke bursa saham Malaysia yang dikutip dari Financial Times, Selasa (4/1/2020), AirAsia menyatakan Tony Fernandes dan Kamarudin Meranun akan melepaskan posisinya sementara, selama dua bulan atau lebih.

Pengumuman tersebut berimbas buruk kepada saham maskapai berwarna merah tersebut. Saham AirAsia tercatat anjlok hingga 7,81% di perdagangan Bursa Kuala Lumpur (KL) sekitar pukul 12.20 waktu setempat atau sekitar pukul 11.20 WIB.

Awal pekan ini, pada perdagangan Senin saham maskapai yang bermarkas di KL itu juga sudah jatuh 10% merespons diterbitkannya rincian penyelidikan terkait suap Airbus oleh UK's Serious Fraud Office.


Ada dugaan suap US$ 50 juta dari Airbus untuk klub olahraga yang dimiliki dua eksekutif yang tidak disebutkan namanya. Hal ini kemudian dibantah oleh AiAsia.

Seperti apa sih kasusnya? Lihat di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Kasus Suap AirAsia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com