Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 15 Feb 2020 17:00 WIB

PHK 677 Karyawan, Indosat: 80% Setuju

Soraya Novika - detikFinance
Indosat, Kota Digital Indonesia, Head of Business Development IoT & Smart City Indosat Ooredoo Hendra Sumiarsa Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

PT Indosat Tbk menyatakan melakukan penawaran PHK terhadap 677 karyawannya. Indosat mengklaim dari jumlah tersebut, sebanyak 80% karyawan menerima tawaran PHK dan telah sepakat menerima keputusan perusahaan.

"Per tanggal 14 Februari 2020 kemarin, dari 677 karyawan yang terdampak, lebih dari 80% telah setuju menerima paket kompensasi ini dan kami juga menjalin kerja sama dengan mitra Managed Service untuk memberi kesempatan bagi mereka agar tetap dapat bekerja di mitra kami tersebut," ujar Director & Chief of Human Resources Irsyad Sahroni dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Sabtu, (15/02/2020).

Lebih lanjut, Irsyah berdalih langkah itu diambil Indosat sebagai upaya perubahan organisasi yang dirancang untuk menjadikan bisnis yang lebih lincah sehingga lebih fokus kepada kepuasan pelanggan dan lebih dekat dengan kebutuhan pasar.

"Kami telah mengkaji secara menyeluruh semua opsi, hingga pada kesimpulan bahwa kami harus mengambil tindakan yang sulit ini, namun sangat penting bagi kami untuk dapat bertahan dan bertumbuh," sambungnya.

Memang, hingga akhir September 2019 lalu, Indosat tercatat masih belum bisa keluar dari kerugian. Hingga semester III-2019 lalu perusahaan masih rugi Rp 284,59 miliar.

Kerugian terjadi karena jumlah beban perusahaan naik dari posisi 2018 sebesar Rp 16,5 triliun jadi Rp 17,3 triliun. Beban paling besar masih berasal dari beban penyelenggaraan jasa yang naik menjadi Rp 8,92 triliun.

Mengutip laporan keuangan Indosat, grup yang dipimpin oleh Ahmad Abdulaziz AA Al-Neama ini terakhir tercatat mempunyai sekitar masing-masing 3.697 dan 3.700 karyawan (tidak diaudit), termasuk karyawan tidak tetap.

PHK 677 Karyawan, Indosat: 80% Setuju



Simak Video "PHK Ratusan Karyawan, Indosat Goyang?"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com