Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Mar 2020 13:20 WIB

Dapen dan Perusahaan Asuransi Bakal Borong Saham

Danang Sugianto - detikFinance
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona. Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menginformasikan, Senin besok akan ada dana pensiun dan perusahaan asuransi yang akan memborong saham di pasar modal. Oleh karena itu investor diimbau tidak panik menghadapi kondisi pasar saat ini.

Direktur Utama BEI Inarno Djayadi mengatakan bahwa 16 Maret 2020 ada beberapa dana pensiun dan perusahaan asuransi akan melakukan pembelian besar-besaran di pasar saham. Mereka akan disambut oleh BEI dengan melakukan pembukaan perdagangan secara seremonial besok.

"Senin, ada beberapa dana pensiun yang komitmen. Saya belum bisa sebutkan institusinya, tapi cukup besar," tuturnya di gedung BEI, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Inarno mengatakan, para dana pensiun dan perusahaan asuransi melakukan pembelian berdasarkan inisiatif mereka sendiri. Mereka menilai penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terus menerus dianggap sudah membuat banyak saham yang nilainya sudah murah.

"Saat ini adalah saat yang tepat belanja saham saham bagus. Kita selalu kordinasi dengan kordinator. Tapi kebetulan dapen dan asuransi lihat ini saat ini tepat untuk membeli," tambahnya.

Inarno pun mengimbau agar para investor tidak panik. Justru menurutnya saat ini waktu yang tepat untuk membeli saham lantaran banyak yang sudah murah.
BEI juga belum mengeluarkan semua jurusnya untuk menahan kejatuhan IHSG seperti protokol krisis.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com