Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 10:07 WIB

Lagi, Orang Terkaya Ke-3 RI Donasi Miliaran Rupiah Tangani Corona

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Perusahaan Jerman Bosch Luncurkan Alat Uji Cepat Corona Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Indonesia sekaligus Founder dan Chairman Barito Pacific Group Prajogo Pangestu kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19.

Prajogo mengungkapkan kebutuhan masyarakat untuk fasilitas rumah sakit di tengah pandemi ini sangat besar dan perlu didukung bersama-sama. Prajogo sebelumnya telah menyerahkan bantuan peralatan medis senilai Rp 30 miliar melalui Chandra Asri dan Star Energy dan yayasan Bakti Barito.

Bantuan peralatan medis ini diserahkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit di wilayah operasional anak perusahaan yaitu di Banten dan Jawa Barat, serta DKI Jakarta.

Presiden Direktur Barito Pacific Group Agus Salim Pangestu mengungkapkan bantuan dikirimkan ke yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian disalurkan kepada Rumah Sakit yang dikelola BUMN.



Agus menjelaskan bantuan dari anak Perusahan Barito Pacific yaitu Chandra Asri, Star Energy dan Yayasan Bhakti Barito sampai saat ini telah menyalurkan bantuan peralatan kesehatan secara bertahap dengan nilai keseluruhan setara dengan Rp 40 miliar.

Selain Barito Pacific juga ikut memberikan sumbangan Departemen Sosial, dan donatur lain diantaranya, China Huadian Hongkong Company (Mitra PT Bukit Asam Tbk), Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura Temasek Holding Private Limited, China Alumunium International dan Perusahan dalam negeri antara lain Bakrie Group.

Menteri BUMN Erik Thohir dalam acara pemberian penghargaan kepada donatur mengatakan saat ini Kementerian BUMN tengah mengoptimalkan 35 Rumah Sakit di lingkungan BUMN yang telah menjadi RS rujukan penanganan covid-19 dengan kapasitas kamar rawat inap sebanyak 2.441 dan ICU 611.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com