Rupiah Melesat Jelang New Normal

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 02 Jun 2020 10:55 WIB
Ilustrasi kurs dolar rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat cukup signifikan hari ini. Hingga pukul 10.45 WIB, dolar AS tercatat sudah tertekan 156 poin (1,07%) di level Rp 14.418.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Selasa (2/6/2020). Hingga siang ini, dolar AS terpantau bergerak di level Rp 14.418 hingga Rp 14.575.

New Normal yang akan diberlakukan secara bertahap dianggap menjadi sentimen positif terhadap pergerakan pasar saat ini. Namun beberapa juga menganggap bahwa Indonesia masih belum siap melakukan pelonggaran. Selain itu, banyak data ekonomi yang akan dirilis di minggu ini yang mulai dicermati para investor.

Penguatan rupiah terhadap dolar AS dalam sebulan terakhir tercatat sebesar 4,12% dan dalam seminggu menguat 1,77%. Namun jika dibandingkan sejak awal pandemi atau tiga bulan yang lalu, rupiah tercatat masih melemah 1,2% terhadap mata uang Paman Sam.

Dolar AS pagi ini juga tercatat melemah terhadap dolar Australia, euro, poundsterling, yuan China, dan dolar Singapura. Dolar AS hanya unggul terhadap yen Jepang.

Sementara rupiah meski unggul terhadap mata uang Paman Sam, kalah terhadap dolar Australia, yuan China, euro, dan dolar Singapura.

Tekno


Simak Video "Masih 'Ngamuk' Dolar AS Naik ke Level Rp 14.450"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)