Luhut: Laju Penyebaran COVID-19 Menurun dalam 7 Hari Terakhir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 20:45 WIB
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan saat wawancara untuk detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal laju kasus COVID-19 di Indonesia. Luhut menilai saat ini pertumbuhan kasus Corona di Indonesia sudah menurun.

Menurut Luhut dalam 7 hari terakhir angka penyebaran COVID-19 telah menurun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tes Corona di masyarakat, dia menyatakan sekarang sudah di atas 10 ribu tes dan Presiden Joko Widodo meminta dijadikan jadi 20 ribu tes per hari.

"Semua ambil keputusan basisnya data, laju penyebaran COVID-19 ini terus menurun dalam 7 hari terakhir. Semua karena tes, ini malah mungkin 2 hari terakhir sudah diatas 10 ribu lebih tes, Presiden minta naik ke 20 ribu," kata Luhut dalam diskusi online via Zoom, Jumat (5/6/2020).

"Karena kita punya modelling yang bagus juga, jadi sudah mulai kemungkinan penurunan Corona," katanya.

Luhut pun bicara soal data infeksi baru, data kesembuhan dan data kematian Corona. Dari data yang dia sampaikan per 4 Juni recovery rate alias data kesembuhan Corona naik jadi 30,9%, per hari ini dia memprediksi mungkin bisa naik jadi 31-32%.

Sementara itu data daily infected alias penambahan kasus harian di data yang dia paparkan per 4 Juni jumlahnya 11%. Kemudian, angka kematian atau fatality rate disebut Luhut terus menurun menjadi 6%.

"Data ini per 4 Juni, kita lihat daily infected rate menurun, recovery rate naik mungkin sekarang 31-32%. Lalu fatality rate terus menurun jadi 6%. Semua indikasi ini menurun," papar Luhut.



Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)