Digencet ke Bawah Rp 14.000, Dolar AS Balik Terkam Rupiah

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Minggu, 14 Jun 2020 11:00 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah akhirnya tembus ke level Rp 15.000. Ini adalah pertama kalinya dolar AS menyentuh level tersebut pada tahun ini.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah sempat keok hingga ke bawah level Rp 14.000 pada awal Juni kemarin. Dolar AS bahkan sempat tertekan hingga ke level Rp 13.700-an.

Namun masuk ke pekan kedua Juni alias dalam sepekan terakhir, mata uang Paman Sam mulai kembali menggoyang rupiah. Nilai tukar dolar AS kembali merangsek ke level Rp 14.000-an sedikit demi sedikit.

Mengutip data perdagangan Reuters, Minggu (14/6/2020), kemarin, nilai tukar dolar AS ditutup di level Rp 14.050. Sementara dari data RTI, dolar AS tercatat berada di level Rp 14.155.

Pelemahan rupiah sendiri berbanding lurus dengan koreksi IHSG dalam dua hari perdagangan terakhir. Pelemahan IHSG terindikasi adanya profit taking setelah bergerak di area jenuh beli. Selain itu saat ini masih minim sentimen sehingga masih rentang melanjutkan pelemahan.

Adapun dolar AS berhasil kembali merangsek ke level Rp 14.000-an menjelang akhir pekan ini. Namun pergerakannya terhadap rupiah terpantau terus menguat sejak awal pekan.

Dolar AS tercatat menguat 1,9% pada sepekan terakhir. Namun dibandingkan sebulan yang lalu, masih kalah unggul 4,6% terhadap rupiah.

Selain menekan rupiah, dolar AS juga menekan yuan China dan yen Jepang. Namun tertekan oleh dolar Australia, euro, poundsterling, dan dolar Singapura.



Simak Video "Duh! Rupiah Makin Keok, Dolar AS Nyaris Rp 15.000"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)