Mal Dibuka, Saham MAP hingga Ramayana Kompak Menguat

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 15 Jun 2020 12:50 WIB
Petugas bermasker dan berpelindung wajah membersihkan  lantai di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020). Selain menerapkan protokol kesehatan ketat, sejumlah pusat perbelanjaan juga menyediakan fasilitas pendukung physical distancing, seperti mesin pembersih tangan otomatis, mesin penjual masker, alat pendeteksi suhu, dan stiker tanda jaga jarak sebagai persiapan operasional di era normal baru. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi/Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta -

Hari ini pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta resmi dibuka kembali setelah berbulan-bulan tutup karena pandemi virus Corona atau COVID-19. Mal ini dibuka dalam rangka masa transisi PSBB menuju new normal.

Kondisi ini memberikan sentimen positif bagi saham-saham perusahaan ritel. Mereka akhirnya bisa kembali beroperasi dan meraup keuntungan.

Menurut data RTI hingga jeda sesi I, Senin (15/6/2020), beberapa saham ritel tercatat menguat. Seperti misalnya saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang tercatat menguat 3,33% atau bertambah 25 poin ke posisi Rp 755.

Lalu saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) juga mengalami kenaikan 3,04% atau naik 45 poin ke posisi Rp 1.525 per lembar.

Saham PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) juga bernasib sama. Saham RALS siang ini tercatat naik 3,33% atau bertambah 20 poin ke posisi Rp 620.

Sementara saham-saham perusahaan pengelola pusat perbelanjaan atau mal bernasib tidak begitu baik. Saham PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) tadi pagi sempat menguat cukup tinggi tapi saat jeda siang berbalik arah dan tercatat turun tipis 0,8% ke posisi Rp 620.

Begitu juga dengan saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA), tadi pagi sempat hijau, tapi saat tutup sesi I malah melemah 0,73% ke posisi Rp 680.

Saham PT Pakuwon Jati Tbk juga begitu, sempat menguat cukup tinggi saat pembukaan, di jeda sesi 1 justru balik lagi dan stagnan di level yang sama pada penutupan kemarin.

Sedangkan saham PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) masih lebih baik. Sempat menguat ke level Rp 121 pada jeda siang saham APLN berada di level Rp 117 atau hanya menguat 0,86% dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.



Simak Video "Api Masih Membara di Mal Panakkukang Makassar Selama 11 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)