Fakta-fakta Djony Bunarto, Bos Baru Astra International

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 17 Jun 2020 06:00 WIB
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Foto: Dok. Astra Internasional
Jakarta -

PT Astra International Tbk (ASII) resmi memiliki Presiden Direktur yang baru. Dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), Djony Bunarto Tjondro ditunjuk sebagai bos yang baru Perseroan menggantikan Prijono Sugiarto.

"Pada mata acara ketiga, dapat kami sampaikan sebagai berikut, mengangkat bapak Djony Bunarto Tjondro sebagai Presiden Direktur," kata Chief of Corporate Affairs Astra International, Riza Deliansyah dalam video conference, Selasa (16/6/2020).

Dalam RUPS ini, ada empat mata acara yang disetujui. Pertama, menyetujui dan menerima baik laporan tahunan untuk tahun buku 2019, termasuk tugas pengawasan dewan komisaris. Kedua, menyetujui laba bersih konsolidasi perseroan sebesar Rp 21,7 triliun dan membagikan dividen sebesar RP 8,6 triliun.

Ketiga, mengenai perombakan jajaran direksi dan komisaris. Seperti menerima pengunduran diri Muhammad Chatib Basri dan Akihiro Mukarai dari jabatan Komisaris Independen dan mengangkat Rahmat Waluyanto dan Apinont Suchewaboripont.

Keempat, RUPST Astra International resmi menunjuk kantor akuntan publik (KAP) Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan, anggota jaringan firma PricewaterhouseCoopers, yang merupakan KAP terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan audit laporang keuangan tahun buku 2020.

Djony bukan sosok yang baru di Astra, dirinya sudah malang-melintang mengisi jabatan strategis di sini. Mengutip situs resmi Astra International, dirinya bergabung dengan Astra pada tahun 1990.

Situs resmi Astra juga mencatat Djony merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang lahir pada tahun 1964. Sebelum menjadi Presiden Direktur, Djony menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur sejak April 2019, dan sebelumnya menjabat sebagai direktur Perseroan dari tahun 2015.

Sejak bergabung pada 1990, banyak jabatan yang sudah diembannya, antara lain Presiden Komisaris PT Toyota-Astra Motor dan PT Pamapersada Nusantara serta Komisaris PT Astra Agro Lestari Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Astra Honda Motor dan PT Astra Sedaya Finance.

Sebelumnya, Djony juga menjabat antara lain sebagai Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (2009-2013), Chief Executive PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (2013-2018), Presiden Komisaris PT Astra Otoparts Tbk (2015-2018), Wakil Presiden Komisaris PT Astra Daihatsu Motor dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (2016-2018).

Djony menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Teknik (jurusan Teknik Mesin) Universitas Trisakti pada tahun 1989 dan di Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI)/Monash Mt. Eliza Business School - Australia pada tahun 1996.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ruang Spa di Lantai 58 Menara Astra Terbakar, Asap Pekat Mengepul"
[Gambas:Video 20detik]