Gawat! IHSG Menukik 200 Poin Jelang PSBB Jakarta

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 10 Sep 2020 11:00 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sentimen PSBB Jakarta direspons negatif oleh bursa saham. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka merah pagi tadi, dan menjelang siang ini turun makin dalam.

Mengutip data RTI hingga pukul 10.48 waktu JATS, Kamis (10/9/2020), IHSG anjlok lebih dari 5% sehingga perdagangan terpaksa dihentikan.

Posisi terakhirnya ada di 4.891,878 setelah jatuh 257,498 poin atau setara 5,01% dari posisi penutupan perdagangan kemarin.

"Wajar reaksi pasar terhadap PSBB ini. Dan memang sepertinya diperlukan untuk menjaga tingkat penularan COVID-19," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widito Widodo.

Semalam, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan perkantoran di wilayah ibu kota mulai menerapkan work from home (WFH) mulai Senin (14/9). Hal itu diterapkan usai Pemprov DKI Jakarta akhirnya memutuskan kembali menerapkan PSBB Jakarta seperti awal Corona.

Anies mengatakan juga restoran hingga kafe masih diperbolehkan beroperasi, tapi tak boleh makan di lokasi. Dengan kata lain, hanya bisa melayani pesanan untuk dibawa pulang.

Anies menyebut, tempat-tempat usaha makanan ini memungkinkan menjadi tempat pengantar penularan COVID-19 selama PSBB Jakarta.



Simak Video "IHSG Anjlok Karena PSBB Jakarta, PPP: Masyarakat Dulu Baru Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ara)