Trump Dikabarkan Membaik, Dow Futures Naik 200 Poin

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 05 Okt 2020 08:45 WIB
Traders work on the trading floor on the final day of trading for the year at the New York Stock Exchange (NYSE) in Manhattan, New York, U.S., December 29, 2017. REUTERS/Andrew Kelly
Foto: Reuters
Jakarta -

Kontrak berjangka (futures) indeks bursa Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Minggu malam naik. Itu terjadi karena investor memantau kesehatan Presiden (AS) Donald Trump yang dikabarkan membaik.

Futures di Dow Jones Industrial Average naik sekitar 200 poin. S&P 500 futures dan Nasdaq 100 futures juga keduanya naik sekitar 0,7%.

Dalam video berdurasi satu menit yang diposting di Twitter Trump pada Minggu malam, dirinya mengatakan telah mendapat laporan yang bagus dari para dokter.

Dokter mulai merawatnya dengan deksametason, steroid yang direkomendasikan untuk kasus COVID-19 yang parah. Dia disebut telah mengalami dua penurunan kadar oksigen sejak dirinya mengumumkan positif virus Corona pada Jumat (2/10).

Trump dipindahkan ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed pada Jumat (2/10) setelah diberi obat remdesivir. Dokter Trump, Sean Conley pada Minggu mengatakan bahwa kondisi pasiennya itu telah membaik dan dapat dipulangkan segera pada hari Senin.

"Pengumuman ini menambah tingkat ketidakpastian lain pada pemilihan-pemilihan yang dengan sendirinya merupakan salah satu dari banyak ketidakpastian seputar pasar saham," kata Kepala Strategi Pasar, Matt Maley dikutip dari CNBC, Senin (5/10/2020).

Setelah Trump didiagnosis Corona, Joe Biden unggul selama sebulan selama kampanye pemilihan presiden. Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis Minggu, 51% responden mendukungnya dan 41% memilih Trump.

Jika kemenangan diperoleh untuk mantan Wakil Presiden itu pada November, dapat membuat 'sakit kepala' bagi Wall Street dalam bentuk pajak yang lebih tinggi dan peraturan yang lebih ketat. Namun beberapa mengatakan itu dapat mengarah pada kesepakatan stimulus fiskal lebih besar yang akan baik untuk saham.

(ara/ara)