BEI Buka Suspensi Saham Pollux

- detikFinance
Jumat, 09 Okt 2020 08:19 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencabut penghentian sementara perdagangan (suspensi) saham PT Pollux Properti Indonesa Tbk. Emiten berkode POLL ini disuspensi selama lebih dari setengah bulan.

Dibandingkan dengan harga sebelumnya (Rp 9.800) pada sesi I perdagangan, harga saham POLL turun 7,00%. Sempat menyentuh harga tertinggi Rp 8.375 dan harga terendah Rp 8.375, saham POLL masih menjadi salah satu yang tertinggi di sektor properti.

"Stabilnya harga saham lebih didasarkan pada ekspektasi pasar terhadap performa perusahaan di 2020 seperti penyelesaian tiga proyek besar. Tiga proyek ini adalah World Capital Tower di DKI Jakarta, proyek Meisterstadt di Batam, dan Chadstone di Cikarang, Jawa Barat. Ketiganya merupakan ujung tombak perusahaan karena penyelesaian dan serah terimanya dilakukan tahun ini," ujar Direktur Utama PT Pollux Properti Indonesia Suryo Atmanto dalam keterangannya (9/10/2020).

Seperti proyek perkantoran World Capital Tower yang memiliki 51 lantai, telah beroperasi sejak awal tahun ini. Lalu, proyek Chadstone yang memiliki 4 tower apartemen dengan total 3.524 unit, sejak April 2020 sudah mulai diserahterimakan secara bertahap. Sedangkan Pollux Mall Chadstone, sudah mulai beroperasi sejak awal tahun ini.Rampungnya tiga proyek terbesarnya dengan total luas proyek 750.000 meter persegi menjadi salah satu alasan pemicu kenaikan saham. Salah satu dari tiga proyek tersebut adalah mega superblok Pollux Chadstone, Cikarang.

"Koridor Timur Jakarta dengan Bekasi dan Cikarang sebagai penggeraknya dianggap sebagai kontributor terbesar bagi perekonomian Nasional. Di koridor ini terkonsentrasi tujuh kawasan industri yang berisi 4.000 perusahaan skala Nasional, Internasional, dan Multinasional dengan jutaan karyawan," tambah Suryo.

Dengan total luas proyek mencapai 300.000 m2, Pollux Chadstone memiliki segudang keunggulan dan fasilitas. Salah satunya adalah internet 5G tercepat di Indonesia. Jaringan ini akan melengkapi sistem keamanan 24 jam paling mutakhir "Building Automation System" (BAS) yang memonitor dan mengontrol sistem secara otomatis. Terciptalah hunian pintar yang disebut Smart Home atau Building yang aman dan hemat energi. Tidak hanya soal fasilitas dan teknologi, Chadstone juga menyiapkan penunjang roda perekonomian dengan Small Office Home Office (SOHO) dan Pollux Chadstone Mall (PCM).

"SOHO dan PCM Mall telah hadir sebagai wadah one-stop-lifestyle untuk Generasi Milenial dan juga seluruh lapisan masyarakat di Koridor Timur Jakarta. Harapannya, kehadiran mall ini dapat berdampak pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Cikarang dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Akan tercipta aktivitas ekonomi baru oleh kaum urban yang tidak hanya meliputi milenial, namun juga para ekspatriat. Sebagaimana dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai 5 besar ekonomi global pada tahun 2045," tutur Suryo.

Apartemen Pollux Chadstone sendiri memiliki fasilitas seperti rumah sakit, spa dan fitness center, reflexology path, jogging track, bbq area, individual entrance lobby, lounge bar, swimming pool, children's pool, playground, sun terrace dan outdoor garden, jacuzzi, tennis and basketball Court, helipad, 24 hours security CCTV, F&B arcade, dan lain-lain.

"Dari hunian, hiburan, sampai fasilitas kesehatan yang terintegrasi satu dengan lainnya membuat Pollux Chadstone Cikarang menjadi salah satu mega superblok dengan fasilitas terlengkap. Terlebih lokasinya terletak di kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, hanya berjarak hanya 100 meter dari pintu tol Cikarang Barat KM 31, serta dekat dengan Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban menambah nilai strategis," tutupnya.

(dna/dna)