Dibeli Inspire Rp 128 Triliun, Dunkin Bakal Cabut dari Bursa AS?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 31 Okt 2020 09:38 WIB
Dunkin donut
Foto: Istimewa
Jakarta -

Inspire Brands Inc akan membeli Dunkin 'Brands Group Inc seharga US$ 8,76 miliar atau setara Rp 128,77 triliun (kurs: Rp 14.700/US$). Kedua perusahaan tersebut mengatakan pada Jumat malam (30/10), akan membawa serta Arby's dan Dunkin' Donuts ke dalam salah satu kesepakatan transaksi jual beli restoran terbesar itu

Mengutip Reuters, Inspire Brands, yang memiliki Arby's, Buffalo Wild Wings dan Sonic Drive-In, mengatakan kesepakatan akuisisi grup rantai Dunkin 'Donuts dan Baskin-Robbins dengan harga per saham sebesar US$ 106,50 Angka tersebut mewakili premi hampir 20% di atas harga penutupan terakhir Dunkin pada 23 Oktober, sebelum New York Times pertama kali melaporkan kesepakatan tersebut.

Kesepakatan tersebut juga termasuk mengambil kewajiban utang senilai US$ 11,3 miliar.

Penjualan di Dunkin 'dan Baskin-Robbins telah meningkat dari posisi terendah yang mengunci mereka dalam beberapa pekan terakhir. Peningkatan penjualan ini didorong oleh permintaan yang kuat untuk opsi pengambilan, drive-thru, dan pengiriman di tepi jalan.

Dunkin 'dan Baskin-Robbins pada hari Kamis membukukan kenaikan mengejutkan dalam penjualan serupa di AS pada kuartal ketiga. Setelah transaksi tersebut selesaii, Dunkin 'dan Baskin-Robbins akan beroperasi sebagai merek berbeda dalam grup Inspire.

"Kami sangat bersemangat untuk memberikan nilai yang berarti bagi pemegang saham yang ... percaya bahwa Merek Inspire ... akan terus mendorong pertumbuhan untuk pewaralaba kami sambil tetap setia pada semua yang unik dan spesial tentang merek Dunkin 'dan Baskin-Robbins," ujar Chief Executive Officer Dunkin 'Brands Dave Hoffmann berkata, dikutip dari Reuters, Sabtu (31/10/2020).

Dunkin 'Brands mengoperasikan 12.900 restoran Dunkin' dan lebih dari 8.000 toko Baskin-Robbins di seluruh dunia. Inspire Brands yang dibentuk pada 2018 oleh firma ekuitas swasta Roark Capital sebagai perusahaan induk, memiliki portofolio lebih dari 11.000 restoran.

"Mereka akan memperkuat Inspire melalui platform internasional berskala dan infrastruktur lisensi barang kemasan konsumen yang kuat, serta menambahkan lebih dari 15 juta anggota loyalitas," tutur Paul Brown, CEO Inspire Brands.

(kil/hns)