Wall Street Variatif Respons Data Terbaru Vaksin Corona Pfizer

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 21:15 WIB
Rambu jalan menunjuk bursa saham New York atau yang dikenal sebagai Bursa Saham Wall Street.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sentimen terkait efektivitas vaksin Corona yang digarap Pfizer direspons beragam oleh para pelaku pasar.

Mengutip CNBC, Dow Jones Industrial Average naik pada hari Selasa. Namun, S&P 500 dan Nasdaq Composite kesulitan, dengan saham teknologi utama berguguran.

Sementara mengutip Reuters, saham-saham yang berfokus pada teknologi, yang mendapat keuntungan dari shift kerja-dari-rumah tahun ini dan mendorong Wall Street ke level yang lebih tinggi, adalah yang aneh dalam reli luas pada hari Senin, dan futures untuk Nasdaq 100 yang padat teknologi kembali turun 1,5 % di awal perdagangan.

Kontrak berjangka yang terkait dengan S&P 500 merosot dalam perdagangan berombak pada hari Selasa karena kekhawatiran tentang sejauh mana dampak ekonomi pandemi COVID-19 muncul kembali, sehari setelah Wall Street menguat tajam pada data vaksin yang berhasil.

Indeks utama AS mencapai puncak baru pada hari Senin karena data pertama yang berhasil dari uji coba vaksin COVID-19 tahap akhir memicu taruhan pemulihan ekonomi yang cepat. Kemenangan yang diproyeksikan oleh Demokrat Joe Biden dalam pemilihan presiden AS juga menambah semangat pasar.

Biden memuji kemajuan PFE.N Pfizer dalam vaksin, tetapi mendesak kehati-hatian dengan mengatakan itu akan "beberapa bulan lagi" sebelum vaksinasi luas tersedia. Sementara itu, kasus baru AS harian mencapai 100.000 untuk hari keenam berturut-turut.

Saham Pfizer naik 4% lagi di awal perdagangan di atas kenaikan 8% mereka di sesi sebelumnya.

Saham-saham yang berfokus pada teknologi, yang diuntungkan dari kebijakan kerja-dari-rumah, melemah lebih lanjut pada hari Selasa, menekan Nasdaq 100 berjangka NQcv1 sekitar 1,6%.

Netflix Inc NFLX.O, Amazon.com Inc AMZN.O, Facebook Inc FB.O, Apple Inc AAPL.O turun antara 1,8% dan 2,3% karena investor beralih ke sektor-sektor yang diharapkan mendapatkan keuntungan dari pembukaan kembali ekonomi secara penuh.

Saham bank besar AS, yang sensitif terhadap prospek ekonomi yang lebih luas, naik sekitar 1% dan 2%.

Operator jalur pelayaran dan operator yang terkena dampak pembatasan perjalanan termasuk Carnival Corp CCL.N, Royal Caribbean RCL.N, Delta Air Lines DAL.N dan United Airlines UAL.O dibangun berdasarkan reli hari Senin, naik antara 1,5% dan 4%.

Pada 06:38 EST, Dow E-minis 1YMcv1 naik 0,8% dan S&P 500 E-mini EScv1 turun 0,08%.

(dna/dna)