UU yang Bisa 'Tendang' Perusahaan China dari Bursa AS di Meja Trump

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 21:45 WIB
U.S. President Donald Trump attends a bilateral meeting with Chinas President Xi Jinping during the G20 leaders summit in Osaka, Japan, June 29, 2019. REUTERS/Kevin Lamarque
Foto: Reuters

Pengawasan AS meningkat menyusul skandal yang melibatkan Luckin Coffee, perusahaan kopi China yang mengungkapkan penyimpangan akuntansi besar-besaran musim semi ini. Itu dimulai dari Nasdaq pada bulan Juni.

"Kebijakan AS membiarkan China mengabaikan aturan yang dijalankan oleh perusahaan Amerika, dan itu berbahaya," kata Senator John Neely Kennedy setelah pemungutan suara DPR.

Undang-undang tersebut akan memberi Trump cara lain untuk menekan China sebelum dia meninggalkan jabatannya pada Januari. Washington telah meningkatkan pertarungannya dengan Beijing tahun ini karena kedua negara saling menyalahkan karena penanganan virus Corona, bentrokan atas Hong Kong dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

Pemerintahan Trump telah membidik TikTok dan memaksa Huawei berjuang untuk bertahan hidup, dan melarang orang Amerika berinvestasi di beberapa perusahaan China.

Halaman

(acd/hns)