Sritex Terseret Skandal Bansos, Ini 3 Hal yang Harus Kamu Tahu

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 20:00 WIB
Pabrik Sritex di Sukoharjo, Jawa tengah
Sritex/Foto: Dewi Rachmat Kusuma
Jakarta -

Jagat dunia maya tengah dihebohkan adanya kabar tentang keterkaitan Gibran Rakabuming dalam persoalan bansos. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dikabarkan memberikan rekomendasi sebuah perusahaan untuk memproduksi tas bansos.

Perusahaan yang dimaksud adalah PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex). Berikut tiga hal yang wajib diketahui soal terseretnya Sritex dalam skandal bansos:

1. Isu Dapat Rekomendasi dari Gibran

Beredar kabar putra sulung Presiden Jokowi itu mengatur pembuatan tas bansos. Gibran diisukan memberikan rekomendasi kepada PT Sri Rejeki Isman Tbk untuk membuat tas bansos itu.

Jagat media sosial pun bergema atas isu tersebut. Di Twitter bahkan sempat trending hashtag bertuliskan #tangkapanakpaklurah.

2. Sritex Bantah

Ketika dikonfirmasi mengenai hal itu perusahaan pun membantahnya.

"Tidak benar," kata Head of Corporate Communication Sritex Joy Citradewi kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (21/12/2020).

Joy menegaskan bahwa perusahaan yang bermarkas di Solo itu justru yang ditawari oleh pihak Kemensos untuk memproduksi goodie bag bansos itu.

"Marketing kami di-approach oleh pihak Kemensos," tegasnya.

3. Saham Sritex Turun

Saham Sritex sejak pagi tadi berada di zona merah. Mengutip data RTI, pad pukul 9.45 waktu JATS saham berkode SRIL ini telah turun 2,82% atau 8 poin dari penutupan sebelumnya Rp 284 ke posisi Rp 276.

Sementara di akhir perdagangan hari ini SRIL tercatat sudah turun 2,11% ke posisi Rp 278.

(das/ara)