3 Fakta Artis Pamer dan Promosikan Saham

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 05 Jan 2021 19:30 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Tampaknya fenomena public figure atau figur terkenal merekomendasikan saham sedang menjadi tren. Sebut saja ada nama Ustaz Yusuf Mansur dan Kaesang Pangarep yang merupakan putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baru-baru ini artis papan atas sekaligus influencer Raffi Ahmad dan Ari Lasso ikut 'mempromosikan' saham. Keduanya kompak merekomendasikan saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS). Berikut informasi seputar hal tersebut:

1. Keuntungannya Bikin Raffi Tercengang

Raffi dalam video di akun Instagramnya @raffinagita1717, mengatakan baru pertama kali terjun di dunia saham dan langsung melirik MCAS. Keuntungannya pun bikin Raffi tercengang.

"Jadi M Cash ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT. Kalau kalian pengin lihat di Bursa Efek Jakarta itu (kode sahamnya) MCAS. Nah uang yang gua taruh kurang lebih selama baru 2-3 minggu ini sudah naik 20% menuju 30%. Gila, gokil banget gais. Ini sih gua hanya sekedar sharing aja sama kalian semuanya," katanya dikutip detikcom, Selasa (5/1/2021).

2. Kata Ari Soal Prospek MCAS

Di masa pandemi ini, dia mengatakan ada satu saham yang luar biasa menarik, yaitu M Cash. Sebab, kata dia dalam beberapa bulan ini saham MCAS naik sangat signifikan.

"Ini bukan endorse, ini bukan apapun, saya cuma pengin berbagi teman-teman agar memikirkan kesadaran berinvestasi dengan instrumen yang tepat. Oke? selamat belajar tentang investasi. Kita harus belajar mempersiapkan masa depan kita," tutupnya.

3. Bursa Efek Bakal Panggil

Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan pihaknya akan mengajak diskusi para influencer tersebut.

"Kita akan ajak diskusi para influencer ini untuk diskusi," kata dia kepada wartawan.

Di satu sisi otoritas bursa menyambut positif influencer tersebut, dalam hal ini Raffi dan Ari yang berbicara saham MCAS. Tapi mereka perlu ingat ada tanggung jawab moral untuk para pengikutnya, serta kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang dikecewakan.

(toy/das)