Jack Ma Muncul, Nilai Pasar Alibaba Lompat US$ 63 Miliar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 21:15 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Kemunculan pendiri Alibaba, Jack Ma di publik membuat harga saham Alibaba Group Holding melesat paling tinggi selama enam bulan terakhir.

Dikutip dari Bloomberg disebutkan saham Alibaba naik 11% di Bursa Hongkong atau setara dengan naik sebanyak US$ 63 miliar ke kapitalisasi pasar Alibaba.

Lebih dari 85 juta saham telah ditransaksikan pada pukul 15.00. Atau sekitar 2,5 kali lipat rata-rata pergerakan harga saham biasanya.

Kemudian Alibaba Health Information Technology Ltd yang berada di bawah naungan Alibaba juga tercatat melonjak 18%.

Direktur Manajemen Aset Ample Capital Ltd Alex Wong mengungkapkan hanya dibutuhkan satu katalis untuk membuat harga saham perusahaan Jack Ma naik.

Dia mengungkapkan selama kebijakan tidak berubah signifikan maka Alibaba akan baik-baik saja.

Kemudian Kepala Riset United First Partners di Singapura Justin Tang mengungkapkan jika ini merupakan momen yang tepat bagi Jack Ma untuk muncul ke muka publik.

"Latar belakang Jack Ma sebagai guru yang rendah hati versus pengusaha merupakan momen yang pas," jelas dia.

Direktur Manajemen Aset Amber Hill Capital Ltd Jackson Wong mengungkapkan video yang menampilkan Jack Ma ini membuktikan jika Ma tidak dipenjara atau tampil di depan umum.

Hal tersebut juga memungkinkan perusahaan telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah dalam menyelesaikan masalah.

"Itulah yang ditunggu-tunggu oleh investor," jelas dia.

(kil/dna)