Reddit vs Wall Street: Apa Sih Itu GameStop? Kenapa Bisa Trending?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 10:22 WIB
gamestop
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Para gamer pasti sudah familiar dengan GameStop. Namun buat kamu yang masih awam, apa sih GameStop? Dan kenapa kok jadi trending di mana-mana?

Sebelum kamu masuk ke ke Google dan nyari kata kunci "GameStop, kita bantu jelasin dulu hal-hal pentingnya ya, supaya nanti pas ngobrol makan siang sama temen udah ada bahan pembicaraan.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari BBC, Jumat (29/1/2021).

1. Apa Itu GameStop?

GameStop adalah toko ritel yang menjual game, mesin game, elektronik pendukung lainnya sampai action figure. Ibarat Alfamart atau Indomart tapi isinya game dan produk kultur pop lain.

Bukan toko yang baru dan lagi hype, bahkan penjualannya juga cenderung lesu gara-gara pandemi.

2. Apa Hubungannya dengan Reddit?

Reddit itu situs media sosial, mirip seperti Twitter atau Facebook. Bentuknya forum online, seperti Kaskus lah.

Kamu daftar di sana dan tinggal pilih mau ikut nimbrung di forum yang lagi bahas apa. Ada forum sepakbola, forum sejarah, forum jodoh, dan lain-lain hampir semua ada.

Forum penting yang akan dibahas di sini adalah wallstreetbets. Ada sekitar 4 juta orang ikut di forum ini, yang dibahas biasanya seputar saham dan di mana sebaiknya kita investasikan duit.

3. Jadi Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Seperti sudah dibahas tadi, GameStop itu bukan saham yang lagi hype atau dicari orang. Pandemi juga membuat makin sedikit orang pergi belanja ke toko, apalagi toko game, kebanyakan pembelian dilakukan online.

Omzet perusahaan juga lagi kurang bagus. Nah, ada orang yang beli saham dengan harapan (atau bisa dibilang taruhan) harganya akan turun di kemudian hari.

Orang-orang ini (biasanya bandar gede) meminjam saham tersebut, menjualnya ke pihak lain, dan berjanji akan membeli kembali saham tersebut di kemudian hari.

Nah, jika di kemudian hari harganya turun, maka si bandar ini sudah dapat untung saat membelinya kembali. Ini yang namanya short sell atau short selling.

Masih bingung? Ada penjelasan lebih sederhana di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3