Masih Bingung Soal Bandar Wall Street Dibantai Investor Reddit? Ini Ceritanya

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Senin, 01 Feb 2021 12:15 WIB
gamestop
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Pekan lalu sejarah baru dicetak di Wall Street. Untuk pertama kalinya investor ritel bisa melawan para 'bandar-bandar' saham di bursa Amerika Serikat (AS) dengan 'mengendalikan' harga saham.

Kejadian ini melibatkan para hedge fund, investor ritel, komunitas online Reddit, dan saham Reddit. 'Revolusi' yang dilakukan para investor online ini bisa jadi mengubah cara orang berinvestasi di masa depan.

Belum tahu ceritanya? Berikut lima poin pentingnya yang bisa disimak.

1. Ini Seperti Cerita Manusia Melawan Raksasa

Anggaplah para hedge fund ini adalah raksasa yang 'mengatur' pergerakan saham di Wall Street. Sementara para investor yang tergabung di komunitas Reddit ini adalah manusia biasa yang suka dianggap gak punya pengaruh oleh para bandar.

Kalau pernah lihat film 'The Wolf of Wall Street' yang dibintangi Leonardi Dicaprio, nah para hedge fund ini adalah wolf alias serigalanya, sementara investor itu para domba yang biasa dimakan serigala.

Nah yang terjadi sekarang adalah para domba melawan balik serigala, dan menang!

Para investor yang rata-rata masih muda ini tergabung di WallStreetBets di forum Reddit. Mereka gatal karena selama ini Wall Street hanya dikuasai dan disetir oleh orang-orang kaya.

Tujuan utama para Reddit Army ini adalah mendorong harga saham supaya bisa mendapat keuntungan, sekalian memaksa para bandar yang sudah melakukan short sell (apa itu short sell? Bisa cek di sini) membeli kembali saham seperti GameStop, AMC, hingga Macy's di harga tinggi.

2. Bagaimana Awalnya Saham GameStop Bisa Melambung?

Forum WallStreetBets, yang sekarang punya 5 juta anggota, dibentuk pada 2021. Forum ini tidak hanya membahas soal saham, tapi juga meme-meme seputar dunia investasi di Wall Street.

Kelihatannya tidak seperti forum yang serius memang, tapi dengan jumlah anggota yang makin berkembang lama-lama potensinya besar juga.

Nah, sampai suatu hari forum ini sadar saham GameStop, toko ritel video game dan pernak-perniknya, sedang sangat terdampak pandemi dan sahamnya dimanfaatkan oleh para bandar untuk short sell.

Masih bingung apa itu short sell? Gampangnya begini, kamu pinjam saham untuk dijual ke orang lain dan berharap nanti harganya turun. Setelah harga turun, kamu beli lagi itu saham dan dapat selisih keuntungan dari hasil pembeliannya.

Belum ngerti? Jadi gini, misalnya kamu pinjam saham waktu harganya Rp 10.000 dan dijual ke orang seharga yang sama Rp 10.000 juga.

Karena perusahaan si saham itu bisnisnya lagi kurang bagus, sebulan kemudian sahamnya turun jadi Rp 8.000. Ketika kamu beli kembali itu saham Rp 8.000 artinya ada selisih Rp 2.000 yang masuk jadi keuntungan karena pas itu saham dijual kan harganya Rp 10.000.

Dalam kasus GameStop ini, para bandar sudah short sell banyak banget saham GameStop dan berharap harganya bisa jatuh nggak karu-karuan supaya cuan gede.

Reddit Army dapat info soal kelakuan para bandar ini dan mulai secara masif melakukan pembelian atas saham GameStop sehingga harganya naik!

Akhirnya bandar-bandar yang seharusnya mendulang untung malah jadi harus nombok.

Lalu datang Robinhood merusak acara, lah kok bisa? Lihat di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2