Raksasa Kosmetik Asos Beli 4 Merek Arcadia Senilai Rp 5,6 Triliun

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 12:13 WIB
Shot of a collection of makeup
Foto: iStock
Jakarta -

Perusahaan mode dan kosmetik online Asos telah mencapai kesepakatan untuk membeli empat merek dari ritel Arcadia Group. Kesepakatan akuisisi senilai 295 juta poundsterling setara Rp 5,6 triliun (Rp 19.252).

Dikutip dari BBC, Selasa (2/2/2021) Asos membeli merek Topshop, Topman, Miss Selfridge, dan HIIT. Kesepakatan itu terdiri dari 265 juta poundsterling untuk membeli merek dan 30 juta untuk membeli saham.

Kesepakatan itu tidak sekaligus membeli toko fisik serta karyawan. Akibatnya 2.500 karyawan terancam kena PHK dan toko 70 toko diperkirakan akan tutup. Kabarnya hanya 300 pekerja yang akan dipekerjakan oleh Asos. Dalam beberapa minggu terakhir, 50 toko telah tutup dan menebabkan 2.000 pekerja kena PHK.

Seorang pekerja Topshop mengatakan dia telah mengetahui tentang kesepakatan Asos dari Twitter. Dia mengungkap tidak ada kabar dari pihak Arcadia sendiri atas kesepakatan tersebut.

"Itu adalah hal pertama yang saya lihat di Twitter. Kami tidak mendengar apa pun dengan benar dari sisi Arcadia selama satu jam dan setelahnya," katanya.

Sementara dari sisi Asos, Kepala eksekutif Asos Nick Beighton mengatakan akusisi 4 merek Arcadia ini menjadi momen penting untuk mempercepat strategi platform untuk memperbanyak merek.

"Kami telah menjadi pusat untuk mendorong pertumbuhan online kami akan mengembangkan mereka lebih lanjut, menggunakan keahlian desain, pemasaran, teknologi dan logistik kami, dan bekerja sama dengan mitra ritel strategis utama di Inggris dan di seluruh dunia," jelasnya.

Beighton juga mengatakan memperoleh 4 merek ini akan mempercepat misi Asos untuk menjadi nomor satu untuk pencinta mode di seluruh dunia. Kesepakatan itu diharapkan selesai pada 4 Februari 2021.

(zlf/zlf)