Menkeu AS Janet Yellen Turun Tangan Dalami Hebohnya GameStop cs

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 09:56 WIB
Janet Yellen
Foto: CNN.com
Jakarta -

Menteri Keuangan AS Janet Yellen bersama para regulator pasar keuangan lainnya akan mendalami hiruk pikuk perdagangan belakangan ini yang melibatkan GameStop Corp dan emiten lainnya.

"Kami benar-benar perlu memastikan bahwa pasar keuangan kami berfungsi dengan baik, efisien, dan investor terlindungi," ujar Yellen dikutip dari Reuters, Jumat (5/2/2021).

Untuk menganalisis volatilitas perdagangan pada GameStop, Yellen mengadakan pertemuan dengan kepala Securities and Exchange Commission, Federal Reserve Board, Federal Reserve Bank of New York dan Commodity Futures Trading Commission pada Kamis malam kemarin. Sekaligus untuk membahas perdagangan investor ritel.

Dia mengatakan bahwa regulator akan mendiskusikan apakah hiruk pikuk GameStop cs baru-baru ini memerlukan tindakan lebih lanjut atau tidak.

"Kita perlu memahami secara mendalam apa yang terjadi sebelum kita bertindak, tetapi tentu saja kita melihat dengan cermat peristiwa ini," sambungnya.

Yellen tidak merinci tindakan potensial apa yang akan diambil oleh regulator untuk menanggapi situasi tersebut.

Banyak orang di Wall Street tercengang dalam seminggu terakhir oleh perputaran tajam saham pengecer video-game GameStop, pembuat headphone Koss Corp, jaringan bioskop AMC Entertainment dan saham serta komoditas lain yang disukai di forum Wall Street Bets di situs media sosial Reddit.

Pedagang ritel telah menawar saham begitu tinggi, dalam upaya untuk menghukum para bandar saham yang kerap melakukan trading jangka pendek, yang mendapat untung ketika saham jatuh.

Tapi apa yang disebut "Reddit Rally" telah runtuh dalam beberapa hari terakhir, membuat banyak investor ritel mengalami kerugian besar.

Saham GameStop dan AMC masing-masing turun 4,1% dan 5,8% pada hari Kamis.

(zlf/zlf)