Indosat Gelontorkan Belanja Modal Rp 8 T, buat Apa?

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 18:50 WIB
Indosat, Kota Digital Indonesia
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

PT Indosat Tbk (ISAT) tahun ini menargetkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 8 triliun. Modal itu akan digunakan perusahaan untuk ekspansi meningkatkan kualitas dan jaringan 4G/LTE di Indonesia.

President Director dan CEO Indosat Ahmad Al-Neama meyakini perusahaan akan melanjutkan tren kenaikan kinerja di 2021. Meskipun perusahaan juga merasakan tantangan yang timbul akibat pandemi COVID-19.

"Kami yakin pertumbuhan sesuai dengan target margin EBITA sekitar 40% dan capex Rp 8 triliun," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/2/2021).

Perusahaan menegaskan bahwa tahun ini mereka akan fokus pada pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu meningkatkan pelayanan akan menjadi inti dari perkembangan Indosat tahun ini.

Pandemi COVID-19 setidaknya membawa berkah juga bagi PT Indosat Tbk (ISAT). Perusahaan berhasil mengantongi pendapatan seluler sebesar Rp 23,1 triliun sepanjang 2020, angka itu meningkat 11,6% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan pendapatan seluler itu juga didorong dari jumlah pelanggan seluler yang tumbuh 1,7% menjadi 60,3 juta pelanggan per akhir tahun 2020. Pendapatan rata-rata per Pelanggan (ARPU) meningkat menjadi Rp 31,9 ribu dari sebelumnya Rp 27,9 ribu, didorong oleh peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 52,8% secara tahunan.

(das/fdl)