Dolar AS Ngamuk ke Level Rp 14.500, Saatnya Beli atau Jual?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 15:20 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini masih berada di level Rp 14.100. Dolar AS sempat tersungkur dari level Rp 14.500an hingga ke Rp 14.119 pada Sabtu pekan lalu.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah menguat ke level Rp 14.500. Seiring dengan hal itu, bagi yang mau menggunakan mata uang dolar sebagai investasi disarankan segera membeli dan menahannya saat ini.

Menurut Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi saat ini menjadi kesempatan terbaik bagi masyarakat yang mau mendapatkan cuan dari dolar AS. Pasalnya, penguatan nilai tukar dolar masih belum selesai terjadi dan akan terus menguat.

"Ini saatnya untuk membeli dan menahan, ini kan menguat dan harapan naik lagi masih ada. Ini kesempatan kalau dolar naik lagi, kesempatan baik untuk masyarakat yang punya uang banyak mau main ke mata uang dan mendapatkan cuan hanya dari dolar AS," kata Ibrahim kepada detikcom, Rabu (31/3/2021).

Dia menilai dolar AS bisa meroket ke angka Rp 15.000 nilai tukarnya terhadap rupiah. Bila membeli dolar dengan uang rupiah di level Rp 14.500 sekarang, maka nantinya bisa untung Rp 500 per dolarnya.

"Selisih harga di dolar ini masih bagus, misalnya dibeli Rp 14.500, ada selisih 500 poin kalau ini sampai Rp 15.000. Ini lumayan persiapan bulan ramadhan," kata Ibrahim.

Hal yang sama juga disebut oleh pengamat pasar modal Ariston Tjendra, dia menilai saat ini harga dolar memang sedang menguat. Disarankan masyarakat untuk menukar dolar secara periodik.

Selama kondisi ekonomi AS mengalami perbaikan, menurutnya membeli dolar AS untuk diinvestasikan merupakan pilihan tepat.

"Ya melihat naiknya ini masih ada, dolar bisa buat dibeli secara periodik lah. Apalagi kalau untuk jangka panjang lakukan pembelian secara periodik. Kalau kita lihat juga kan nilai rupiah masih terus tertekan nih sama dolar. Apalagi kalau masih bagus kondisi ekonomi AS begini," kata Ariston.

Tonton juga Video: Pagi Ini, Dolar AS 'Perkasa' Tapi Dibungkam Rupiah

[Gambas:Video 20detik]




(hal/ang)