Teror di Mabes Polri Bisa Ganggu Kepercayaan Investor

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 19:35 WIB
Situasi Mabes Polri Usai Penyerangan
Foto: Adhyasta/detikcom: Situasi Mabes Polri Usai Penyerangan
Jakarta -

Mabes Polri diserang perempuan tak dikenal. Perempuan itu sempat menodongkan pistol ke polisi, sebelum akhirnya ditembak.

Peristiwa yang terjadi Rabu sore (31/3/2021) ini dinilai dapat mempengaruhi kepercayaan investor asing. Investor asing dapat terganggu karena rentetan aksi teror yang terjadi dalam waktu singkat, dimulai dari aksi bom bunuh diri di Makassar.

"Pengaruhnya ke kepercayaan investor asing sih karena rentetan serangan aksi teror akhir-akhir ini," kata Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (31/3/2021).

Berdasarkan data yang dia berikan, setidaknya dalam perdagangan hari ini investor asing tercatat menjual sahamnya (net sell) sebesar Rp 1,11 triliun.

"Aksi teror dan musibah kebakaran yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini mengurangi kepercayaan investor asing. Selain itu investor mencari aman pada saham-saham yang telah memiliki tingkat performance yang tinggi sejak akhir tahun lalu dari rebalancing portofolio institusi kuartal pertama tahun 2021," jelas Lanjar.

Meski demikian, IHSG secara teknikal diprediksi masih berpotensi bergerak untuk mencoba rebound di awal bulan dengan support resistance di level 5.967-6.063.

Dihubungi terpisah, Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai kejadian di Mabes Polri tak akan mempengaruhi IHSG.

"Pengaruhnya nggak ada, karena bukan kejadian yang mempengaruhi ekonomi maupun mengakibatkan hal tertentu pada emiten. Kecuali jika hal ini berlangsung beberapa kali mungkin akan menjadi faktor demografi," jelasnya.

Pihaknya memproyeksikan laju IHSG mengalami rebound dalam perdagangan besok, berada pada rentang level 5.881-6.018.

(toy/hns)