Terbang Terus, Saham Matahari dan Pengelola Blok M Dibekukan BEI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 13:19 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan suspensi atau menghentikan sementara perdagangan saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan PT Indonesia Prima Property Tbk (OMRE) yakni pengelola Mal Blok M. Suspensi ini dilakukan dalam rangka cooling down.

BEI menyatakan, penghentian sementara ini dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Penghentian sementara ini bertujuan memberi waktu yang memadai bagi investor untuk mempertimbangkan secara matang dalam setiap pengambilan keputusan investasinya.

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan," demikian bunyi pengumuman BEI seperti dikutip detikcom, Senin (12/4/2021).

Dikutip dari CNBC Indonesia, saham MPPA sudah melesat 61%, sepekan naik 125%, dan year to date meroket 457% di posisi harga Rp 585 per saham.

Sentimen saham MPPA yakni induk usahanya PT Multipolar Tbk (MLPL) mulai cicil jual saham pengelola Hypermart ini. Selain itu, MPPA juga berencana menggelar penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issue dalam waktu dekat ini.

Sementara itu saham OMRE melesat 104% sepekan, sebulan naik 140% dan year to date naik signifikan hingga 152% di posisi Rp 815 per saham.

Lihat juga video 'BEI Hentikan Short Selling!':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/fdl)