Mejeng di Wall Street, Harga Saham Coinbase Rp 3,6 Juta Per Lembar

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 14 Apr 2021 13:47 WIB
Pusat bisnis di New York, Wall Street terlihat kosong melompong sebagai dampak
 pandemi Covid-19, Minggu (29/3/2020).
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Jakarta -

Nasdaq pada hari Selasa menetapkan harga referensi US$ 250 per saham atau setara Rp 3,6 juta untuk Coinbase Global Inc. Dengan harga saham itu maka valuasi dari perusahaan perdagangan cryptocurrency AS itu sebesar US$ 49,19 miliar.

Melansir Reuters, Rabu (14/3/2021) harga referensi tersebut bukan merupakan harga penawaran bagi investor untuk membeli saham, melainkan sebagai patokan kinerja saat saham tersebut mulai diperdagangkan di bursa pada hari Rabu waktu setempat.

Saham Coinbase dicatatkan dengan kode COIN. Harga pembukaan publik akan ditentukan oleh order beli dan jual yang dikumpulkan oleh Nasdaq dari broker-dealer.

Harga referensi itu di bawah harga rata-rata volume tertimbang US$ 343,58 yang diperdagangkan secara pribadi oleh Coinbase pada kuartal pertama tahun ini.

Jika saham diperdagangkan pada atau di atas harga referensi, Coinbase akan bernilai lebih dari enam kali lipat dari putaran penggalangan dana pribadi terakhir pada tahun 2018 sebesar US$ 8 miliar.

Coinbase telah memilih untuk go public melalui cara daftar langsung daripada penawaran umum perdana tradisional seperti IPO. Ini berarti perusahaan tidak akan mengumpulkan uang dari pencatatan saham itu dan investor yang ada tidak terikat oleh pembatasan penguncian pada saat mereka dapat mendivestasikan kepemilikan mereka setelah debut di pasar.

Didirikan pada tahun 2012, Coinbase adalah salah satu platform cryptocurrency paling terkenal secara global dan memiliki lebih dari 56 juta pengguna yang memperdagangkan berbagai koin virtual, termasuk bitcoin, ethereum, dan XRP.

Simak juga 'Pemerintah Diminta Atur Kriteria Pembicara Saham':

[Gambas:Video 20detik]



(das/zlf)