Grab Caplok Saham Emtek Rp 4 T, OVO-DANA Mau Merger?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 10:25 WIB
Ilustrasi OVO
Foto: Vanita Dewi Prastiwi
Jakarta -

Grab dikabarkan telah membeli saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Kabar itu menguatkan isu bahwa dompet digital mereka OVO dan DANA akan merger.

Melansir The Straits Times, perusahaan ride-hailing raksasa berbasis di Singapura itu dikabarkan membeli saham Emtek sebesar 4% dengan nilai mencapai Rp 4 triliun. Grab disebut mendapatkan dukungan dari Softbank dalam membeli saham grup perusahaan kerajaan media dan teknologi itu.

Pada 5 April, Emtek mengumumkan telah menyelesaikan penambahan modal dengan skema private placement senilai Rp 9,3 triliun. Sosok investor baru yang masuk adalah Naver Corporation, mesin pencari web terbesar di Korea Selatan, dan sebuah perusahaan investasi bernama H Holdings Inc.

"Grab dibeli melalui H Holdings," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu.

"Hasil dari private placement akan digunakan untuk mengembangkan bisnis serta membantu mendanai operasional sehari-hari," kata Emtek dalam penjelasannya ke Bursa Efek Indonesia.

Setelah private placement, pemegang saham Emtek utama terdilusi. Misalnya, kepemilikan pendiri Eddy Sariaatmadja turun menjadi 22,96% dari 24,9%. Pemegang saham utama lainnya adalah Anthoni Salim, yang merupakan salah satu taipan terkaya di Indonesia.

Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartoto tidak menjawab pertanyaan tertulis yang dikirim oleh The Straits Times tentang investasi Grab dan kemungkinan merger dari dua perusahaan pembayaran digital tersebut. Grab juga tidak memberikan tanggapan langsung atas pertanyaan serupa.



Simak Video "Grab 'Sekolahkan' Mitra Pengemudinya Selama Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)