3 Fakta Grab Caplok Saham Emtek Rp 4 Triliun

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 19 Apr 2021 19:30 WIB
Ilustrasi Grab
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Grab telah membeli saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Adapun saham yang dibeli sebesar 4,6% dengan nilai mencapai Rp 4 triliun.

Berikut faktanya:

1. Grab Beli Saham Emtek Melalui H Holdings

Melansir The Straits Times, perusahaan ride-hailing raksasa berbasis di Singapura itu membeli saham Emtek sebesar 4,6% dengan nilai mencapai Rp 4 triliun. Grab disebut mendapatkan dukungan dari Softbank dalam membeli saham grup perusahaan kerajaan media dan teknologi itu.

Pada 5 April, Emtek mengumumkan telah menyelesaikan penambahan modal dengan skema private placement senilai Rp 9,3 triliun. Sosok investor baru yang masuk adalah Naver Corporation, mesin pencari web terbesar di Korea Selatan, dan sebuah perusahaan investasi bernama H Holdings Inc.

"Grab dibeli melalui H Holdings," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu.

2. Manajemen Bantah OVO-DANA Merger

Corporate Secretary Emtek, Titi Maria Rusli mengatakan merger antara DANA dan perusahaan pembayaran digital OVO hanyalah spekulasi. Investasi yang dilakukan H Holdings Inc. pada Emtek disebut tak ada hubungannya dengan berita penggabungan kedua perusahaan pembayaran tersebut.

"Sejauh ini, berita merger antara DANA dan perusahaan pembayaran digital OVO hanyalah spekulasi dan investasi yang dilakukan H Holdings Inc. pada Perseroan tidak ada hubungannya dengan berita penggabungan kedua perusahaan pembayaran tersebut," kata Titi dalam jawaban atas pertanyaan Bursa Efek Indonesia (BEI).

3. Hasil Investasi untuk Memperkuat Modal Emtek

Titi menjelaskan Emtek telah mengembangkan bisnisnya di bidang pelayanan kesehatan dan ekonomi digital. Baru-baru ini perseroan telah melaksanakan private placement untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnisnya terutama di bidang-bidang tersebut.

"Perseroan dan Grab juga telah beberapa kali berdiskusi untuk mengembangkan peluang bisnis baru. Ketika Emtek memutuskan untuk melakukan penerbitan saham guna mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya di sektor digital, media, dan layanan kesehatan, Grab menyatakan minatnya untuk berpartisipasi, yang pada akhirnya direalisasikan melalui investasi oleh H Holdings Inc," jelasnya.

(aid/eds)