Garuda Jamin Pilot yang Bawa Terbang Penumpang Sudah Divaksinasi

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 18 Mei 2021 11:45 WIB
Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia terus dilakukan meski di bulan puasa. Diketahui, 11 juta warga Indonesia telah menerima dosis pertama vaksin Corona.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Garuda Indonesia Group menjamin para pilot dan awak kabin yang membawa terbang penumpang telah memperoleh vaksinasi virus Corona (COVID-19). Hal itu sejalan dengan percepatan implementasi program vaksinasi bagi pilot dan awak kabin yang memenuhi kriteria vaksinasi COVID-19 serta aktif bertugas.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, optimalisasi program vaksinasi tersebut sejalan dengan upaya Garuda Indonesia Group untuk memberikan proteksi maksimal, baik bagi pilot dan awak kabin, maupun bagi seluruh masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan udara.

"Implementasi vaksinasi COVID-19 kepada pilot dan awak kabin ini juga merupakan wujud komitmen kami untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang Garuda Indonesia Group yang dilayani oleh pilot dah awak kabin dalam kondisi "Fit to Fly" yang kini turut ditunjang oleh pemberian vaksin Covid-19, selain tentunya dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan secara konsisten pada seluruh lini operasional penerbangan," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (18/5/2021).

Program vaksinasi juga merupakan upaya untuk mendorong kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik khususnya angkutan udara.

"Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan beserta otoritas kesehatan terkait yang turut memprioritaskan pemberian vaksinasi untuk pekerja industri penerbangan termasuk awak pesawat Garuda Indonesia dan Citilink, mengingat di tengah situasi yang penuh ketidakpastian ini aspek kesehatan dan kenyamanan penerbangan merupakan prioritas utama bagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi udara," jelas Irfan.

Dia melanjutkan, dukungan dari pemerintah terhadap aspek kesehatan para pekerja industri penerbangan juga diiringi dengan kesadaran penerapan protokol kesehatan oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga dapat ikut mendorong pemulihan sektor sosial ekonomi dan pariwisata di Indonesia.

"Disamping itu, sesuai dengan prosedur protokol kesehatan yang dijalankan Garuda Indonesia Group, seluruh pilot dan awak kabin yang bertugas tetap menjalankan prosedur pre medical flight termasuk melalui tes pemeriksaan COVID-19 dengan hasil negatif," tambah Irfan.

(toy/zlf)