Elnusa Rombak Direksi-Komisaris hingga Tebar Dividen Rp 74,72 M

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 21 Jul 2021 18:02 WIB
Logo Elnusa
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Elnusa Tbk, anak usaha Pertamina penyedia jasa energi, telah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Tahunan yang digelar hari ini. Hasil RUPS memutuskan telah merombak jajaran Komisaris hingga Direksi perusahaan.

"Dalam keputusan rapat pada sore hari ini ada putusan rangkap jabatan hingga ada pejabat definitif yaitu rangkap jabatan Direktur ESDM dan Umum yang merangkap sebagai Direktur Keuangan. Dan Direktur Operasi merangkap Direktur Pengembangan Usaha," jelas Corporate Secretary Elnusa Ari Wijaya, dalam pres konference, Rabu (21/7/2021).

Untuk itu, ditetapkan Rony Hartanto yang menjadi Direktur Operasi yang merangkap sebagai Direktur Pengembangan Usaha. Kemudian, Tenny Elfrida sebagai Direktur SDM dan Umum merangkap sebagai Direktur Keuangan.

Sebelumnya, posisi Direktur Keuangan diisi oleh Hery Setiawan. Jabatan Direktur Pengembangan Usaha merangkap Direktur Operasi dipegang oleh Arief Riyanto.

Selain itu perubahan dewan komisaris, Elnusa mengangkat Wakhid Hasyim sebagai Komisaris, Lusiaga Levi Susila sebagai Komisaris Independen periode kedua. Sementara Antonius Ratdomopurbo selaku komisaris sudah tidak ada dalam susunan komisaris.

Ari juga mengungkap perusahaan memutuskan untuk membagikan dividen tunai senilai Rp 74,72 miliar kepada pemegang sahamnya, atau setara 30%, dari total laba di tahun 2020 senilai Rp 249,08 miliar.

"30% itu setara Rp 74,72 miliar atau setara Rp 10,239 per saham dividennya," ujar Ari.

Total laba juga digunakan untuk cadangan wajib 4% atau senilai Rp 9,96 miliar, dan saldo laba ditahan sebesar Rp 164,39 miliar atau 66%.

Sehingga susunan Direksi dan Komisaris Elnusa sebagai berikut:

Direksi:

Direktur Utama : Ali Mundakir
Direktur Operasi merangkap Direktur Pengembangan Usaha: Rony Hartanto
Direktur SDM &Umum merangkap Direktur Keuangan : Tenny Elfrida

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama : Agus Prabowo
Komisaris : Wakhid Hasyim
Komisaris Independen: Lusiaga Levi Susila
Komisaris Independen: Anis Baridwan

(hns/hns)