Harga Emas Antam Moncer, Sahamnya Layak Dikoleksi?

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 01 Agu 2021 09:45 WIB
Logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dijual Rp 702.000/gram. Harga ini terbesar dalam sejarahnya.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Harga emas Antam pada pekan ini menunjukkan pertumbuhan yang bagus. Lantas, seberapa besar pengaruh kenaikan harga terhadap saham perusahaan tambang itu?

Analis Pasar Esandar Arthamas Lukman Haqeem mengatakan, emas masih menjadi primadona komoditi yang dimiliki Antam. Diyakini pergerakan harga emas bisa mendorong harga saham perusahaan.

"Harga saham Antam memiliki prospek bagus dengan proyeksi harga komoditas yang menjadi andalan produk Antam. Bukan hanya Nikel saja namun juga produk produk tambahan lain khususnya emas," ujar Lukman, Minggu (1/8/2021).

Dikatakannya, selain emas, Antam juga punya prospek bagus di komoditas nikel yang juga merupakan salah satu lini bisnis yang Antam yang moncer. Perkembangan bisnis PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dipercaya dapat mendongkrak saham Antam ke depan.

"Secara nasional, kebutuhan nikel juga tinggi. Hal ini membuat prospek pendapatan antam dari komoditas ini bisa meningkat. Pada akhirnya dengan peningkatan kinerja keuangan Antam tersebut. Akan memberikan dampak simultan bagi kinerja harga saham ANTM di pantai bursa," katanya.

Menurutnya, Nikel, sebagai komoditas global memiliki prospek harga yang menjanjikan. Tren harganya adalah naik, seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi global yang diharapkan memicu peningkatan permintaan komoditas ini di masa depan.

Sementara itu, Analis Monex Investindo, Ariston Tjendra mengungkap proyek smelter Grade Alumunia (SGAR) yang akan produksi pada 2022 juga akan menggenjot kinerja Antam. Diperkirakan proyek tersebut bisa berkontribusi memberikan laba sekitar US$ 1,8 juta setahun untuk ANTM, di mana di proyek itu Antam mengambil porsi 40% sementara Inalum 60%.

"Sementara Porsi pendapatan dari Bauksit dan turunannya di ANTM sekitar 4% atau senilai 1,14 triliun rupiah. Tentu saja adanya penambahan pendapatan bakal meningkatkan performa Antam. Antam jadinya tidak hanya bergantung pada emas dan perak yang mengambil porsi sekitar 72% dari pendapatan Antm saat ini," kata Ariston.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa hari belakangan komoditas emas khususnya mengalami kenaikan harga. Pada posisi terakhir, Sabtu harga emas Antam di butik LM Pulogadung dibanderol Rp 948 ribu per gram.



Simak Video "Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan Rp 913.000/Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)