Yakin Jadi Bisnis Masa Depan, Emiten Kapal Ini Bikin Startup Big Data

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 30 Agu 2021 17:51 WIB
ilustrasi startup
Foto: Internet
Jakarta -

PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) mulai melirik bisnis baru. Emiten perkapalan ini mulai merintis bisnis startup big data. SMDR tengah mengembangkan inovasi industri pelayaran dan logistik berbasis teknologi, salah satunya dengan pendirian Samudera Data Analytics & Prediction (SEDAP).

SEDAP adalah unit usaha rintisan, berisikan talenta muda, ahli IT dan data analyst yang fokus mencari inovasi solusi teknologi untuk industri pelayaran dan logistik.

Dengan akses langsung kepada real data yang dimiliki oleh Samudera Indonesia selama puluhan tahun di industri, SEDAP akan bergerak cepat menghasilkan berbagai inovasi dan solusi berbasis data, artificial intelligence (AI), dan machine learning untuk masa depan logistik yang semakin cepat.

"Kami percaya data adalah masa depan. Kekayaan data logistik Indonesia mengandung harta karun yang akan membawa manfaat bagi daya saing dan kemajuan Indonesia. Kami yakin investasi SDM & teknologi akan menghasilkan masa depan konektivitas Indonesia yang tangguh," kata Direktur Utama SMDR Bani Maulana Mulia, Senin (30/8/2021).

SMDR sendiri berhasil membukukan pertumbuhan kinerja yang pesat sepanjang tahun 2021. Pendapatan SMDR hingga akhir Juli 2021 meningkat 14% dibanding tahun sebelumnya menjadi US$ 325,5 juta sedangkan laba usaha meningkat 247% menjadi US$ 55 juta. Laba bersih meningkat 602% menjadi US$ 32,9 juta.

Peningkatan kegiatan ekspor impor seiring dengan pemulihan ekonomi yang terjadi, melahirkan tantangan sekaligus peluang baru bagi perusahaan pelayaran untuk meningkatkan kapasitas angkutnya dan berjuang mengurai kongesti logistik yang terjadi di berbagai lokasi.

Memanfaatkan momentum tersebut, SMDR bergerak cepat mengejar pertumbuhan bisnis dengan melakukan penambahan kapasitas dan armada kapal demi menjawab peningkatan permintaan di industri pelayaran.

Di bidang pelayaran peti kemas, di bulan Mei yang lalu SMDR telah menandatangani pemesanan 2 unit kapal peti kemas baru berkapasitas 1,900 TEUs dan saat ini sedang dalam proses pemesanan 4 unit kapal peti kemas berikutnya.