Kabel Laut Berhasil Diperbaiki, Koneksi Internet Telkom Lancar Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 10:18 WIB
Ilustrasi IndiHome Telkom
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) menyatakan sistem komunikasi kabel laut Jawa-Sumatera-Kalimantan alias Jasuka telah kembali beroperasi secara normal. Sebelumnya, rusaknya sistem kabel laut Jasuka ini membuat jaringan internet IndiHome down beberapa waktu lalu.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan kabel laut Jasuka telah pulih dan kembali operasi normal sejak senin pagi (4/10) pukul 05.30 WIB.

Pujo juga mengatakan hal itu terjadi karena sehari sebelumnya penyambungan kabel yang sempat terputus pada ruas Batam-Pontianak telah selesai dilakukan. Proses ini menurutnya lebih cepat dari target waktu yang diperkirakan semula yakni selama sebulan.

"Alhamdulillah saat ini kabel laut Jasuka sudah kembali pulih dan melayani trafik telekomunikasi dengan normal sehingga pelanggan dapat merasakan kembali pengalaman digital terbaik dari beragam layanan TelkomGroup," kata Pujo dalam keterangannya, Selasa (5/10/2021).

Pujo menambahkan pihaknya akan melakukan monitoring trafik dan layanan guna memastikan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan tetap prima.

"Kenyamanan pelanggan merupakan prioritas kami sehingga kami akan terus memastikan keandalan kualitas infrastruktur, jaringan dan layanan," ungkap Pujo.

Seperti diketahui pada 19 September yang lalu jaringan IndiHome tiba-tiba down. Usut punya usut, ternyata biang keroknya berada pada sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam - Pontianak. Ada gangguan rusaknya kabel laut di lokasi tersebut.

Gangguan tersebut terjadi pada Minggu 19 September, tepatnya mulai sekitar pukul 17.33 WIB. Gangguan itu berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Telkom sendiri sudah menjanjikan kompensasi akibat layanan koneksi internet IndiHome yang down. Sebagai bentuk kompensasi layanan, Telkom akan membuka seluruh channel televisi bagi pelanggan IndiHome.

"Telkom akan memberikan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak dengan membuka all channel di IndiHome TV mulai 26 September 2021 sampai dengan tanggal 15 Oktober 2021. Untuk aktivasi pembukaan all channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart STB," ujar Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan kepada detikINET, Sabtu (25/9).

(hal/eds)