Naik Turun Saham Bukalapak: Naik saat IPO, Kini Tiarap di Level Terendah

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 16:32 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di zona merah. IHSG cenderung bergerak di teritori negatif sepanjang perdagangan hari ini.
Naik Turun Saham Bukalapak: Naik saat IPO, Kini Tiarap di Level Terendah
Jakarta -

Saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) baru 2 bulan lebih melantai di pasar modal. Meski belum lama diperdagangkan, saham BUKA sudah naik turun drastis bak roller coaster.

Saham BUKA pertama kali dicatatkan di pasar modal pada 6 Agustus 2021 dengan harga penawaran awal Rp 850. Di hari pertama perdagangannya, saham BUKA langsung melejit dengan 24,71% ke posisi Rp 1.060.

Euforia IPO BUKA memang begitu besar saat itu. Banyak pelaku pasar menantikan emiten pertama dari sektor e-commerce yang sudah berstatus unicorn tersebut.

Meski begitu sempat ada selintingan kabar tak menyedapkan terkait penggunaan influencer untuk mendongkrak saham BUKA. Sebab di hari pencatatan saham BUKA, sorak-sorai Bukalapak IPO ternyata menggema di media sosial seperti Twitter.

Hashtag #BukalapakIPO diramaikan banyak pihak, termasuk para pesohor influencer serta selebtwit. Menariknya mereka posting dengan menampilkan foto tangkapan layar pencatatan saham IPO Bukalapak yang sama persis.

Namun ternyata euforia itu hanya sebentar. Pada perdagangan 10 Agustus 2021, saham BUKA turun bahkan sampai level paling bawah atau menyentuh auto reject bawah (ARB). Turun 6,76% ke level Rp 1.035.