Tembus Rekor! Penambahan Investor Baru Capai 1 Juta

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 14:50 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksikan masih terus bergerak untuk kembali bangkit ke teritori positif. Pelaku bisnis brokerage pun optimis, perdagangan saham akan kembali bergairah ke arah positif.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pandemi COVID-19 sangat memberi dampak pada perekonomian Indonesia. Namun, pasar modal Indonesia masih menunjukkan kinerja positif.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi mengatakan, kinerja pasar modal yang baik itu tercermin dari penambahan jumlah investor baru, penambahan perusahaan tercatat, dan aktivitas perdagangan di pasar modal. Untuk penambahan jumlah investor, dalam 8 bulan terakhir terdapat 1 juta penambahan jumlah investor baru.

"Bahwa jumlah investor saham atau SID baru terus mengalami peningkatan dalam 8 bulan terakhir di tahun 2021, dan telah mencapai rekor baru yaitu sebanyak 1 juta investor saham baru," katanya dalam Opening Ceremony CMSE 2021, Kamis (14/10/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan data KSEI per 30 September 2021, jumlah SID pasar modal mencapai lebih 6,4 juta SID di mana di dalamnya sebanyak 2,9 juta SID saham.

Lanjutannya, jumlah perusahaan tercatat pun mengalami penambahan. Per 30 September 2021 jumlah perusahaan tercatat 750 perusahaan.

"Dengan penambahan baru sebanyak 38 listed company," katanya.

Dia juga mengatakan, perdagangan saham di bursa juga menunjukkan kinerja yang baik. Dia menjelaskan, tahun 2021 merupakan tahun pemulihan yang tercermin dari tingginya transaksi di 3 bulan terakhir.

"Tahun 2021 menjadi tahun yang penuh dengan harapan pemulihan ekonomi dan ini tercermin dari tingginya perdagangan di Bursa Efek Indonesia dalam 3 bulan terakhir," katanya.

(zlf/zlf)