Ilegal! Robot Trading Sunton Capital Makan Korban

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 07:00 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat naik hingga hampir 20 poin tapi kemudian melambat lagi. Investor belum bersemangat sehingga perdagangan berjalan lesu. Pada penutupan perdagangan Sesi I, Jumat (14/11/2014), IHSG turun tipis 4,732 poin (0,09%) ke level 5.043,936. Sementara Indeks LQ45 melemah tipis 0,233 poin (0,03%) ke level 864,319.
Foto: Rengga Sancaya

Bappebti Kemendag memastikan, Sunton Capital ilegal. Sunton Capital merupakan usaha perdagangan berjangka komoditi (PBK) yang tidak terdaftar.

"Sunton Capital ini adalah usaha yang bidang PBK (perdagangan berjangka komoditi) yang tidak terdaftar di kita, dia ilegal kategorinya," terang Plt Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M Syist saat dikonfirmasi.

Bappebti sendiri belum menerima laporan atau pengaduan dari masyarakat. Meski demikian, pihaknya telah memantau Sunton Capital dalam beberapa waktu belakangan ini. Untuk menggaet pengikutnya, Sunton Capital memanfaatkan robot trading.

"Untuk modus kan mereka ada yang pakai robot trading dan segala macamnya. Ini juga robot trading salah satu yang saat ini juga booming cukup tinggi," terangnya.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat investasi. Masyarakat bisa mengecek legalitas suatu situs web entitas bidang PBK di Bappebti.

"Jadi kalau misalkan klarifikasi juga untuk ngecek, bisa buka website bappepti.co.id. nanti cari pelaku pasar. Di 'pelaku pasar' itu tidak akan ketemu Sunton Capital," katanya



Simak Video "Soal Polemik Token ASIX, Ini Pesan Anang Hermansyah"
[Gambas:Video 20detik]

(acd/fdl)