PSSI Kantongi Restu Spin Off, Buka Opsi IPO Anak Usaha

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 09:34 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga penutupan perdagangan hari ini konsisten bergerak di teritori negatif berbarengan dengan ledakan yang terjadi di Sarinah, Thamrin, Jakarta pusat, siang tadi. Rachman Haryanto/detikcom.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan pada 20 Oktober 2021. Agenda rapat ialah meminta persetujuan para pemegang saham terkait dengan Pemisahan Segmen Usaha Pengangkutan Kapal Kargo Curah dari perseroan ke entitas anak.

Melansir keterbukaan informasi, Kamis (21/10/1992), pemisahan atau spin-off ini telah dikaji dan diproses dengan mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan pemisahan ini, diharapkan pengembangan dan pengelolaan aset dapat lebih intensif dan lebih optimal.

Proses pemisahan ini dilakukan dengan memindahkan enam unit kapal kargo curah besar milik perseroan, berikut persediaan dan pinjaman terkait pemisahan ke entitas anak yang akan didirikan, di mana kepemilikan saham perseroan dalam entitas anak tersebut adalah sebesar 99%.

"Pemisahan ini diharapkan akan memberikan konsentrasi pengembangan usaha yaitu secara khusus, kemudahan bagi entitas anak untuk memperoleh akses pendanaan baik dari perbankan maupun dari para investor strategis," ujar Direktur Utama Perseroan Iriawan Ibarat dalam keterbukaan.

"Tidak menutup kemungkinan, entitas anak akan menawarkan sahamnya kepada masyarakat melalui Penawaran Umum apabila kajian menyatakan siap," sambungnya.

Iriawan menambahkan, perseroan saat ini sedang melakukan penjajakan pasar dengan para investor strategis dalam rangka pengembangan Segmen Usaha pengangkutan kapal kargo curah tersebut.

(fdl/fdl)