Pengawas Pasar Modal Gelar Aksi di Hari Pahlawan, Apa Itu?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 13:47 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat naik hingga hampir 20 poin tapi kemudian melambat lagi. Investor belum bersemangat sehingga perdagangan berjalan lesu. Pada penutupan perdagangan Sesi I, Jumat (14/11/2014), IHSG turun tipis 4,732 poin (0,09%) ke level 5.043,936. Sementara Indeks LQ45 melemah tipis 0,233 poin (0,03%) ke level 864,319.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Para lembaga pengawas pasar modal atau Self-Regulatory Organization (SRO) pasar modal Indonesia yang terdiri atas PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), melanjutkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka HUT-44 Pasar Modal Indonesia.

Direktur KSEI Syafruddin menyebutkan, momentum Hari Pahlawan tersebut dimanfaatkan SRO untuk menunjukkan komitmen sebagai pahlawan kemanusiaan dengan memberikan bantuan-bantuan peralatan dan perlengkapan penunjang operasional kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

"Bantuan tersebut terdiri dari 1 unit freezer room, 10 unit tempat penyimpanan darah (blood bank refrigerator), 12 unit timbangan darah (hemoscale), 5 plasma storage freezer, dan 2 mesin apheresis dengan nilai sekitar Rp 10,3 miliar," ungkap Syafruddin dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

Syafruddin menyampaikan, pemberian donasi ini melengkapi kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan oleh SRO dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia. Dia menuturkan, meskipun tahun lalu kegiatan seperti ini tidak dapat dilaksanakan karena situasi pandemi, akan tetapi tahun ini SRO bekerjasama dengan PMI berhasil melaksanakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada berbagai daerah di Indonesia sejak September 2021.

"Hingga akhir Oktober 2021 telah terkumpul 9.500 kantong darah, dan mulai hari ini 10 November 2021 sampai dengan 14 November 2021 SRO akan kembali mendukung penyelenggaraan donor darah melalui 5 Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayah provinsi DKI Jakarta, dengan tambahan kegiatan donor darah pada bulan November ini, diharapkan hingga akhir November 2021 dapat terkumpul lebih dari 13.000 kantong darah," jelas dia.

Sementara itu, Ketua PMI Muhammad Jusuf Kalla menyampaikan apresiasinya kepada pasar modal Indonesia atas bantuan yang diberikan. Diketahui, simbolisasi pemberian bantuan kepada PMI dilaksanakan Rabu, (10/11/2021) di Main Hall BEI, Jakarta, yang dihadiri oleh Ketua PMI M. Jusuf Kalla, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, Direktur Utama KPEI Sunandar, Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo, jajaran direksi dan komisaris SRO.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pasar Modal Indonesia kepada PMI dan berharap agar kerjasama ini dapat terus berlanjut," kata dia.