Adik Elon Musk Juga Ikut Jual Saham Tesla, Ada Apa Ya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 13 Nov 2021 18:30 WIB
Elon Musk Ngopi Mars
Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta -

Adik Elon Musk, Kimbal Musk yang menjabat di salah satu manajemen Tesla juga ikut akan menjual saham perusahaan tersebut sebesar US$ 108 juta.

Dikutip dari CNN, disebutkan penjualan ini lebih kecil dibandingkan rencana Elon Musk yang ingin menjual hingga US$ 5,7 miliar.

Dengan penjualan saham ini, persentase kepemilikan saham Kimbal Musk turun 15%. Sejak Oktober 2019, Kimbal sudah menjual 525,00 saham dan mengantongi US$ 189 juta dengan harga rata-rata US$ 360 per lembar.

Jika dia masih memegang saham hingga sekarang, maka Kimbal berpotensi memiliki US$ 369 juta atau dua kali lebih besar dibandingkan yang dia miliki sekarang.

Penjualan yang dilakukan Kimbal ini sejalan dengan peraturan 10b5-1 yang memungkinkan manajemen perusahaan untuk menjual saham pada jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini untuk meminimalisir tuduhan aksi goreng-goreng saham.

Pada Februari 2021 saja, Kimbal sudah menjual US$ 25,6 juta saham tanpa mengikuti rencana penjualan secara rutin.

Selain Kimbal, Chairman Tesla Robyn Denholm juga menjual saham Tesla sejak 2018. Kemudian Chief Financial Officer Tesla atau Master of Coin Tesla Zachary Kirkhorn juga rutin melakukan penjualan saham.

Dalam dua tahun terakhir, Tesla memang mencatatkan kinerja yang luar biasa. Karena naik hampir 2.000%.

Kenaikan harga sama yang signifikan itu mengantarkan Tesla menjadi perusahaan keenam asal AS yang mencapai valuasi US$ 1 triliun. Angka ini sama dengan valuasi 12 produsen mobil terbesar di dunia dan menjadikan Elon Musk orang terkaya sejagat raya.

(kil/eds)